Rabu, 11 Maret 2015

Sisi Wajah Kiri Manusia

Perbedaan antara wajah bagian kiri dan kanan bukanlah cacat !
Begitulah keistimewaan mahluk paling sempurna yg diciptakan oleh Tuhan ..

Lukisan MONALISA

Bukan tanpa alasan jika Leonardo da Vinci menampilkan wajah kiri perempuan dalam lukisan Monalisa. Penelitian psikologi terbaru menunjukkan sisi kiri wajah terlihat lebih menyenangkan dibandingkan sisi kanan. Emosi manusia dapat dibaca dari raut wajah. Otot-otot pada wajah dirancang khusus agar mudah menampakkan ekspresi untuk berbagai perasaan. Dari seluruh otot yang ada di wajah, sisi kiri lebih ekspresif. Penelitian yang dilakukan psikolog Kelsey Blackburn dan James Schirillo dari Wake Forest University, Amerika Serikat, membenarkan konsep ini. "Menampakkan tulang pipi kiri mengungkap intensitas emosi yang dianggap lebih estetik," ujar Blackburn.

Eksperimen melibatkan sukarelawan dan setumpuk foto wajah manusia. Sukarelawan diminta menilai tingkat keindahan sisi kiri dan kanan wajah perempuan dan laki-laki. Setiap wajah pada foto dibagi menjadi sisi kiri dan kanan lalu yang kemudian dicerminkan ke dalam dua foto baru. Foto-foto ditampilkan dalam kelir hitam-putih.

Ketika hasil penilaian dikumpulkan, peneliti menemukan pola yang sangat meyakinkan. "Sukarelawan menunjukkan ketertarikan besar terhadap sisi kiri wajah," kata dia. Ketertarikan terhadap sisi kiri wajah juga menjelaskan kenapa potret wajah karya pelukis lebih banyak menonjolkan sisi kiri wajah. Konfirmasi lain berasal dari pemeriksaan pupil mata. Selama menatap wajah pada foto, pupil melebar saat sisi kiri wajah. Pelebaran pupil telah lama dikaitkan dengan rasa senang. Menurut Blackburn, penelitian yang mereka lakukan juga sejalan dengan konsep dominasi otak kanan terhadap ekspresi emosi sekaligus mengendalikan otot kiri. Hasil penelitian ini diterbitkan pada jurnal daring "Experimental Brain Research".Jadi ternyata sisi wajah kiri dan kanan kita memang berbeda.

Baca juga : Kekuatan-Super Manusia