Selasa, 17 Maret 2015

Membuat Blog di Blogger


Teman-teman banyak yg menanyakan tentang bagaimana cara membuat blog dll, ini sekedar informasi tentang seluk beluk Blogger :

Pertanyaan Umum:

Memulai

Bagaimanakah cara membuat akun Blogger?
Di beranda Blogger, klik "Ciptakan Blog Anda" lalu buatlah Akun Google. Perhatikan bahwa Anda mungkin telah memiliki Akun Google jika sebelumnya telah menggunakan produk Google seperti orkut, Grup Google, Gmail, dan produk lainnya - jika demikian, lanjutkan dan masuklah. Selanjutnya, pilih nama tampilan dan setujui Persyaratan Layanan Blogger. Setelah semuanya disiapkan, Anda siap untuk mulai membuat blog!
Bagaimanakah cara membuat blog di Blogger?
Setelah Anda membuat akun Blogger, masuklah ke www.blogger.com dan klik "Buat Blog". Pada Langkah 2, masukkan judul dan alamat (URL) untuk blog Anda. Ketik huruf di kotak verifikasi kata untuk membuktikan bahwa Anda benar-benar manusia, lalu klik "Lanjutkan". Pada Langkah 3, Anda dapat memilih kerangka blog; nantinya, inilah tampilan blog untuk pembaca Anda. Selanjutnya, Blogger membuat blog baru Anda, yang tampil di alamat yang Anda pilih pada Langkah 2.
Bagaimana cara mengeposkan entri ke blog?
Di Dasbor, klik "Entri Baru" di samping blog yang ingin Anda poskan entri. Mulailah dengan memberikan judul pada entri (opsional), lalu masukkan entri tersebut. Setelah selesai, klik tautan "Pratinjau" untuk melakukan pratinjau bagaimana tampilan blog setelah dipublikasikan. Setelah Anda merasa puas dengan entri Anda, klik "Publikasikan".
Bagaimana cara mengeposkan gambar?
Anda dapat mengunggah foto menggunakan ikon gambar yang ada di bilah alat editor entri. Saat Anda mengeklik ikon ini, sebuah jendela akan muncul yang memungkinkan Anda memilih satu atau beberapa gambar dari komputer. Cukup klik "Jelajahi" untuk mencari gambar yang Anda inginkan. Atau, bisa juga dengan memasukkan URL gambar yang sudah ada di internet untuk menyisipkannya ke entri Anda. Jika Anda mengeklik tautan untuk memilih tata letak, Anda dapat mengubahsuaikan tampilan gambar pada entri. Opsi kiri, tengah, dan kanan akan menentukan alur teks pada entri di sekeliling gambar. Opsi ukuran ini memungkinkan Anda menskalakan gambar ke ukuran yang berbeda dalam area pengeposan ini.
Bagaimanakah cara menambahkan foto ke profil?
Pertama, klik tautan "Edit Profil" pada dasbor Anda. Gulir ke bawah menuju bagian "Foto", tempat Anda dapat memilih berkas dari komputer atau memasukkan URL gambar jika foto yang Anda inginkan dapat ditemukan di internet. Harap perhatikan bahwa gambar harus berukuran 50 k atau lebih kecil.
Di manakah judul blog saya ditampilkan?
Judul blog Anda, seperti yang ditentukan pada tab Setelan | Dasar di Blogger, dapat tampil di banyak tempat: pada blog yang dipublikasikan, pada Dasbor, dan pada profil Anda. Jadi pastikan untuk membuat judul yang kreatif!
Apakah itu URL?
URL adalah alamat berkas di Web, seperti www.example.com atau foo.example.com. Selama proses pembuatan blog, Anda harus memilih URL blog. Pengunjung dapat mengakses blog dengan mengetik URL ini ke bilah alamat pada peramban mereka. Karena jumlah blog Blogspot sudah sangat banyak, Anda harus kreatif dan mungkin mencoba beberapa URL yang berbeda sebelum menemukan URL yang tersedia. Format URL Anda akan berupa namayangandapilih.blogspot.com. Saat memilih URL blog, perhatikan bahwa Anda hanya dapat menggunakan huruf, angka, dan tanda hubung. Karakter khusus seperti $, #, &, dll. tidak diizinkan.

Anda juga dapat menggunakan domain ubahsuaian sebagai inang blog Anda.
----------------------------

Akun Anda

 Saya tidak dapat masuk. Apa yang harus saya lakukan?

Anda dapat memulihkan informasi masuk Akun Google Anda dengan mengeklik "Tidak dapat mengakses akun Anda?" pada laman masuk Blogger atau Anda dapat menggunakan laman Bantuan Sandi Akun Google. Perhatikan bahwa nama pengguna akun Google Anda adalah alamat email lengkap yang Anda gunakan untuk membuat akun (mis., namaanda@example.com). Jika Anda dapat masuk ke akun tetapi tidak melihat blog yang sesuai pada Dasbor, sepertinya Anda masuk ke akun yang salah. Pada kasus seperti ini, coba masuk menggunakan semua alamat email Anda, menggunakan formulir Bantuan Sandi bila diperlukan. Harap coba lakukan ini meskipun Anda merasa hanya memiliki satu akun. Kami melihat banyak kasus orang yang secara tidak sengaja membuat akun lain tanpa menyadarinya, jadi memeriksa sendiri hal ini biasanya merupakan cara tercepat untuk mendapatkan blog Anda kembali.
Bagaimanakah cara menghapus blog?
Untuk menghapus seluruh blog, buka tab Setelan | Dasar. Benar-benar pastikan bahwa Anda membuka blog yang tepat dan bahwa Anda ingin menghapus blog tersebut secara permanen dari akun Anda. Lalu klik "Hapus Blog Ini". Semuanya akan dihapus, kecuali foto yang telah Anda unggah ke blog. Foto tersebut akan tetap ada di album Picasa, yang dapat Anda akses dengan mengunjungi picasaweb.google.com.
Bagaimanakah cara membatalkan akun?
Untuk menghapus Akun Google, yang akan menghapus blog, silakan masuk ke beranda Akun Google. Lalu klik "Edit" di samping daftar "Produk Saya", kemudian Anda akan diarahkan ke laman tempat Anda dapat menghapus akun. Perhatikan bahwa jika akun dihapus, semua layanan Google yang terkait dengan akun tersebut, seperti profil orkut, laman iGoogle, dan blog Blogger Anda juga akan ikut terhapus.

Fitur Blogger

Bagaimanakah cara menggunakan fitur Desain Blogger?
Cari nama blog pada dasbor Anda, lalu klik tautan "Desain" di sampingnya. Di sini Anda dapat menata elemen pada kerangka sesuai dengan tampilan yang Anda inginkan dengan menyeret dan melepaskannya ke berbagai lokasi. Pada sebagian besar kerangka, Anda dapat memindahkan semua elemen kecuali bilah navigasi, entri blog, dan tajuk. Jika Anda ingin menambahkan gadget ke laman atau bilah sisi blog, klik "Tambahkan Gadget". Setelah itu, jendela munculan tempat Anda dapat menjelajahi seluruh gadget akan terbuka, kemudian gadget tersebut akan ditambahkan dan disimpan ke blog Anda.
Dapatkah saya memiliki blog yang diposkan oleh lebih dari satu orang?
Ya, hal ini disebut sebagai "blog tim". Pada dasarnya, satu orang awalnya membuat blog, kemudian mengundang orang lain untuk bergabung dengan blog tersebut. Anggota tim dapat menjadi administrator maupun pengepos rutin. Administrator dapat mengedit semua entri (bukan hanya miliknya sendiri), menambahkan dan menghapus anggota tim (dan memberikan akses administratif), serta memodifikasi setelan blog. Non-administrator hanya dapat mengeposkan ke blog.
Untuk mengundang orang bergabung ke blog, pertama-tama buka tab Setelan | Izin, lalu klik "Tambahkan Penulis". Berikutnya, ketik alamat email orang yang Anda undang; mereka akan menerima email undangan secepatnya. Anda harus memiliki Akun Google untuk membuat blog di Blogspot, sehingga jika penulis yang ingin Anda undang belum memiliki Akun Google, mereka akan diminta untuk membuatnya. Saat Anda siap untuk mengirim undangan, klik "Undang". Anda akan menerima email saat anggota tim yang baru telah berhasil bergabung dengan blog.

Bagaimanakah cara memberi label pada entri?
Saat Anda menulis entri, Anda akan diberi ruang di bagian bawah formulir yang bertanda "Label untuk entri ini". Masukkan label apa pun yang Anda suka dan pisahkan setiap label dengan tanda koma. Anda juga dapat mengeklik tautan "tampilkan semua" untuk menampilkan daftar label yang pernah digunakan sebelumnya. Lalu, cukup klik label untuk menambahkannya. Saat Anda memublikasikan entri, label akan muncul di bagian bawah. Mengeklik label akan mengarahkan Anda ke laman yang hanya berisi entri dengan label tersebut. Anda juga dapat menambahkan daftar dari semua label pada bilah sisi blog, yang diurutkan menurut abjad atau menurut seringnya la
bel tersebut digunakan.

Bagaimanakah cara menempatkan AdSense pada blog?
Untuk menempatkan AdSense pada blog, klik Uangkan pada Dasbor Anda. Anda dapat memilih ukuran iklan, kemudian mengubahsuaikan tampilannya di blog.
Apakah itu umpan situs dan bagaimanakah cara mengaktifkannya untuk blog saya?

Mengaktifkan setelan umpan situs untuk blog memungkinkan penulis menyatukan konten mereka dengan mudah kepada dunia. Dengan mengaktifkan umpan situs, pembaca selanjutnya dapat berlangganan pembaruan terkini untuk blog tersebut dengan menambahkan umpan ke pembaca umpan favorit mereka. Sebagai penulis blog, Anda dapat memutuskan apakah cuplikan ini akan berupa beberapa baris pertama entri Anda, entri lengkap, atau hanya sampai batas pos, bila Anda menggunakannya. Bawaan pada blog semestinya adalah umpan situs diaktifkan dan semua pelanggan akan menerima pembaruan yang lengkap. Jika umpan situs Anda belum diaktifkan, buka tab Setelan | Umpan Situs. Di sini, Anda akan diberikan satu opsi sederhana untuk memilih berapa banyak konten yang ingin Anda satukan. Opsi "Tak satu pun" menonaktifkan umpan situs Anda secara keseluruhan.

Bagaimanakah cara kerja Blogger Mobile?

Untuk memulai blog seluler, cukup kirimkan pesan (yang dapat berupa foto, beberapa teks, atau keduanya) ke go@blogger.com dan kami akan mulai membuatkan blog untuk Anda. Selanjutnya Anda akan menerima balasan dengan URL blog seluler dan token (kode pas satu kali) yang dapat Anda gunakan untuk mengklaim blog baru Anda. Untuk mengklaim blog, cukup masukkan token ke http://go.blogger.com. Mengklaim blog seluler akan memberikan Anda akses penuh ke setelan dan fitur Blogger.com, memungkinkan Anda mengaitkan blog dengan Akun Google, dan memungkinkan Anda menggabungkan blog seluler dengan blog yang telah ada.