Sabtu, 14 Maret 2015

Kapal Perang Trimaran TNI AL


Kapal Perang Jenis Trimaran

Alutsista TNI AL akan terus dimodernisasi dengan bergabungnya banyak alutsista-alutsista baru yang menambah kekuatan TNI AL. Tidak teringgal pula, Kapal Perang jenis Trimaran akan segera menambah kekuatan alutsista TNI AL. Kapal sejenis sudah pernah diproduksi untuk TNI AL beberapa tahun lalu, namun sebelum diserah terimakan, kapal perang tersebut terbakar habis sehingga batal bergabung dengan TNI AL.

Kapal Perang jenis Trimaran ini adalah Kapal Cepat Rudal (KCR) berlambung tiga (Trimaran) 63 meter yang diproduksi oleh PT Lundin Industry Invest yang berbasis di Banyuwangi. Kapal perang jenis Trimaran ini memiliki keunggulan dalam hal kesetabilan, serta kecepatannya. Selain itu kapal perang jenis ini tidak mudah tenggelam karena salah satu hull bisa menyeimbangkan kapal walau diterjang gelombang laut.

TNI AL Pesan 4 unit Kapal Perang Jenis Trimaran
Dalam berita yang dirilis oleh Detik.com, disebutkan bahwa TNI AL sudah memesan sebanyak 4 unit Kapal Perang jenis Trimaran ini. Satu unit sudah di produksi sedang sisanya masih dalam proses. Namun berbeda dengan Kapal Perang KRI Klewang yang dahulu sudah terbakar habis, desain KCR Trimaran yang terbaru ini sedikit berbeda. Selain memiliki design berbeda, kapal perang terbaru ini akan terbuat dari bahan tahan api dan anti-radar. Tampaknya ini merupakan perbaikan dari design Kapal Perang Triamran sebelumnya yang ternyata sangat mudah terbakar.

Selain untuk digunakan didalam negeri oleh TNI AL, kapal perang ini juga direncanakan juga untuk diexport keluar negeri. Selain memberikan dampak peningkatan kekuatan alutsista TNI AL, kehadiran kapal perang Trimaran produksi dalam negeri ini juga memberikan dampak positif bagi perkenomian Indonesia khususnya untuk daeran Banyuwangi sekitarnya.

Semoga Nasibnya tidak Sama dengan KRI Klewang 625
Seperti sudah penulis sebutkan diawal bahwa kapal perang jenis Trimaran seperti ini sudah pernah di produksi sebelumnya yang diberi nama KRI Klewang 625. Namun dalam proses sea trial sebelum diserah terimakan ke TNI AL sebagai user, KRI Klewang 625 terbakar hebat sehingga menghanguskan seluruh bagian kapal tanpa sisa.

KRI Klewang 625 Terbakar Habis tahun 2012 lalu
Kebakaran KRI Klewang ini merupakan sebuah tamparan yang sangat menyakitkan bagi kemajuan Industri Strategis Indonesia. Sebelumnya peristiwa kebakaran KRI Klewang 625 itu, kita mendapatkan kabar yang sangat menggembirakan karena Indonesia bisa memproduksi Kapal yang lumayan canggih. Namun kegembiraan itu sekietika runtuh karena kapal perang yang di bangga-banggakan tersebut habis terbakar.
KRI Klewang 625 Terbakar Habis
Hal ini tentu saja membuat kita sangat berharap bahwa Kapal Perang Trimaran terbaru ini tidak akan mengalami nasib sama dengan KRI Klewang 625. Apalagi dari berita yang dilansir dari berbagai media, disebutkan bahwa bahan pembuat kapal ini berbeda dari KRI Klewang 625 sebelumnya. Semoga saja hasil terbaik yang didapatkan agar militer Indonesia semakin gahar dengan bertambahnya alutsista baru TNI AL ini.