Sabtu, 28 Maret 2015

4 Kamar Bung Karno Ini Konon Sangat Angker


Bung Karno adalah sosok presiden pertama Indonesia yang memiliki kharisma sangat kuat dan dicintai seluruh rakyat. Semua orang pasti kenal siapa beliau meskipun pada era orde baru seolah namanya “dimati surikan” oleh penguasa pada waktu itu. Perjuangannya dalam memerdekakan negara tercinta ini serta menjadikannya negara mandiri yang disegani adalah bukti betapa berpengaruhnya Bung Karno di mata dunia.

Menilik sisi lain dari sosok Bung Karno ternyata beliau juga menyimpan sejuta misteri. Tempat-tempat yang pernah disinggahi beliau konon menyeret kisah-kisah misteri di dalamnya. Seperti beberapa kamar yang akan diulas berikut ini, kamar-kamar ini dulunya manjadi tempat peristirahatan Bung Karno. Kabarnya kamar-kamar Bung Karno ini angker lho, seram ya. Daripada penasaran yuk kita ulas satu-persatu.

1. Kamar Tidur Bung Karno di Istana Merdeka

Sebagai seorang presiden sudah tentu beliau pernah tinggal di Istana Merdeka. Salah satu bekas kamar tidur Bung Karno di Istana Merdeka inilah yang khabarnya kental dengan aura mistis dan angker. Kamar itu kini ditempati presiden baru Indonesia, yakni Presiden Joko Widodo, padahal selama ini tidak ada presiden yang berani menempati kamar bekas Bung Karno itu.


Saat melakukan kunjungan ke Istana Merdeka, Plt Gubernur DKI Jakarta Basuki T Purnama (Ahok) kepada wartawan mengatakan bahwa ranjang yang berada di kamar bekas Bung Karno itu memiliki ukuran yang sangat besar, bahkan melebihi ukuran ranjang Jokowi saat masih menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta. Ahok juga menambahkan bahwa belum ada satu presiden pun yang berani menggunakan kamar Bung Karno tersebut termasuk Bu Megawati.

 

2. Kamar 308 di Hotel Inna Samudera Pelabuhan Ratu

Setelah beberapa waktu lalu membahas tentang pantai-pantai yang menjadi gerbang kerajaan Nyi Roro Kidul, ini masih ada sedikit hubungannya dengan ulasan waktu itu. Sebab lokasi kamar satu ini ada di salah satu hotel mewah yang berada di Pantai Pelabuhan Ratu, salah satu pantai yang konon merupakan gerbang kerajaan Ratu Pantai Selatan.
  

Presiden Soekarno kabarnya pernah menginap di Hotel Inna Samudera tepatnya di kamar 308. Yang spesial dari kamar ini adalah bahwa kamar tersebut kabarnya dibangun khusus untuk Nyi Roro Kidul. Kamar ini didesain khusus dengan cat warna hijau mendominasi dekorasi kamar itu.
Tentu saja kamar ini memiliki suasana angker dan unutk masuk ke kamar ini para pengunjung harus menaati beberapa syarat seperti mengucap salam saat masuk dan keluar, tidak boleh berisik, tidak boleh nyampah dan tidak bagi wanita yang sedang haid dilarang masuk ke kamar ini.

3. Kamar Bung Karno di Rumah Dinas Wali Kota Solo

Rumah Dinas Wali Kota Solo atau dikenal dengan nama Loji Gandrung juga menyimpan kisah kepemimpinan Bung Karno. Dulu, Bung Karno kerap menginap di salah satu kamar di bagian depan bangunan peninggalan Belanda tersebut. Padahal tiap wali kota Solo enggan menempatinya dan lebih memilih kamar lain.


 Cerita misteri bekas kamar Bung Karno pun dengan cepat menyebar ke masyarakat. Menurut wali kota Solo FX Hadi Rudyatmo di kamar tersebut sering terjadi kejadian diluar nalar. Misalnya saja tanpa sebab yang jelas tiba-tiba tercium aroma melati yang sangat menyengat padahal itu bukan berasal dari pengharum ruangan.

4. Penjara Banceuy tempat Bung Karno ditahan

Pada era penjajahan Belanda, Bung Karno terkenal sebagai orang yang sangat vokal, politikus ulung sehingga tak jarang ia menjadi target operasi pemerintahan Belanda. Begitupun yang terjadi pada tahun 1929, Belanda menangkap Bung Karno dan memenjarakannya di panjara Banceuy, Bandung karena aktivitas politik beliau di Partai Nasional Indonesia yang dianggap membahayakan Belanda.
 

Di penjara itu Bung Karno ditahan di Ruang TA 01 lantai 2 hingga tahun 1930 dan kemudian dipindahkan ke Penjara Sukamiskin. Di tempat itu pula banyak pejuang yang disiksa hingga tewas sampai akhirnya hal ini dikait-kaitkan dengan kejadian mistis yang ada di panjara tersebut. Menurut salah satu penjaga bekas penjara Bung Karno mengatakan bahwa dirinya sering kali mengalami kejadian ganjil, ketika ia sedang tertidur ada saja yang membangunkannya padahal dia sedang sendirian.

Ternyata misteri dan juga hal-hal berbau mistis seputar Presiden pertama Indonesia ini tidak ada habisnya ya. Kira-kira, apakah ada yang berani tidur di empat kamar tadi?