Senin, 16 Maret 2015

Batu Kuno Berkekuatan Ghaib

Budaya di berbagai belahan dunia pernah memasuki zaman dinamisme, di mana benda-benda mati menjadi objek pemujaan dan dipercaya menyimpan berkah. Nenek moyang kita sempat mempercayai batu-batuan, prasasti, dan arca sebagai benda keramat.

Meskipun tradisi memuja benda mati di zaman modern ini telah luntur, sejumlah legenda dan mitos yang berkaitan dengan praktik dinamisme di masa lalu masih tersisa. Bisa ditelusuri dari kisah tentang batu-batu dengan kekuatan gaib yang masih dipercaya oleh beberapa orang hingga saat ini.

Batu-batu tersohor dari berbagai belahan dunia ini merupakan salah satu contohnya. Ada yang diyakini mengandung kutukan, bisa mengabulkan permintaan, bahkan ada yang diyakini bisa mendeteksi kebohongan.
 
1. Bocca della Verita, Italia 
Bocca della Verita yang berarti 'mulut kebenaran' adalah sebuah lempeng batu berukir yang tersimpan di kota Roma, Italia. Tepatnya di depan pintu Santa Maria, Gereja Cosmedin.

Menurut situs Atlas Obscura, batu bulat yang diukir dengan wajah manusia bermulut menganga ini berfungsi sebagai detektor kebohongan bagi warga Romawi kuno. Konon jika seseorang meletakkan tangan di mulut Bocca della Verita dan mengatakan sesuatu yang tidak benar, mulut itu akan mengatup, menjepit tangan si pendusta hingga putus.

Mitos yang menyertai batu ini membuatnya begitu populer di antara wisatawan. Sejumlah video game dan film pun menampilkan batu legendaris ini dalam cerita, salah satunya film Roman Holiday yang dibintangi oleh Gregory Peck dan Audrey Hepburn.
 
2.Blarney Stone, Irlandia

Eloquence atau lebih dikenal sebagai Blarney Stone adalah sekeping batu kapur dengan campuran karbon yang dipasang ke salah satu bagian dari kastil Blarney, Cork, Irlandia.

Legenda setempat yang ditulis situs resmi Blarney Castle menyebutkan kalau batu ini adalah hadiah dewi Cliodhna pada Cormac McCarthy Laidir, sang pendiri kastil. Konon siapapun yang mencium Blarney Stone akan dianugerahi keahlian dalam berbicara dan berdiplomasi.

Sejak berabad-abad yang lalu, jutaan orang telah berbondong-bondong ke Kastil Blarney untuk mencium Blarney Stone. Kabarnya, tak hanya orang biasa saja, negarawan dunia, sastrawan dan beberapa 'legenda dalam dunia perfilman' pun mencium batu ini untuk mendapatkan keahlian berbicara di depan publik.

3. Men-an-Tol, Inggris 
Men-an-Tol adalah formasi batuan dari Zaman Perunggu yang terletak di Cornwall, Inggris. Batu-batu granit Men-an-Tol ini dipercaya oleh warga setempat dapat mendatangkan kesuburan bagi wanita. Legenda yang dipercaya hingga saat ini adalah jika pada bulan purnama seorang wanita melewati batu-batu berlubang itu sebanyak tujuh kali, dia akan segera hamil.

 Tampaknya kepercayaan ini berasal dari legenda kuno tentang peri penjaga batu Men-an-Tol yang konon memiliki kemampuan ajaib dalam menyembuhkan. Menurut cerita, seorang ibu mendapat musibah karena seorang peri jahat. Anaknya dikutuk dan diubah menjadi buruk rupa. Kemudian si ibu membawa anaknya melewati batu Men-an-Tol dan mantra si peri jahat pun kemudian luntur. Anaknya kembali seperti semula berkat sihir si peri pelindung batu



4. Batu hitam Pantai Ko Hingham, Thailand
Koh Hingham atau Ko Hingham adalah sebuah pulau kecil di Thailand yang letaknya berdekatan dengan Pulau Ko Lipe. Tak seperti pantai pada umumnya yang tepiannya berupa pasir, tepi pantai Koh Hingham dipenuhi batu-batu oval berwarna hitam. Batu-batu unik ini menjadi daya tarik utama bagi para turis. Sayangnya batu tersebut terlarang untuk diambil karena konon mengandung kutukan.
Menurut mitologi Thailand seperti dikutip situs Atlas Obscura, dewa Tarutao sangat menyukai Pulau Koh Hingham, hingga ia memberikan anugerah berupa batu-batu mulia berwarna hitam cemerlang. Tetapi bersama anugerah itu ia sertakan pula kutukan berupa nasib malang bagi siapapun yang berani mengambil batu di sana.

 5. Tory Island Wishing Stone, Irlandia
Tory Island merupakan sebuah pulau yang jadi bagian County Donegal, Irlandia. Di pulau karang tersebut terdapat sebuah batu pijakan yang disebut wishing stone alias 'batu permohonan'. Letaknya di ujung tebing yang menghadap ke laut. Batu berpermukaan datar ini dipercaya bisa mengabulkan permohonan seseorang. Konon bagi siapapun yang berani berdiri di atasnya atau berhasil melemparkan tiga batu ke atasnya, maka keinginan yang ia ucapkan akan terkabul. 

6. Ayers Rock, Australia
Bukit batu berwarna kemerahan ini merupakan salah satu keajaiban alam yang paling menonjol di Australia. Ayers Rock atau Uluru yang seringkali dikatakan sebagai gunung batu monolit (meskipun sebenarnya bukan) memiliki kondisi geografi yang unik dan tak biasa.
Tempat itu merupakan situs penting bagi suku Anangu, orang-orang Aborigin dari daerah Australia Tengah. Formasi batuan pasir raksasa ini juga merupakan rumah bagi sejumlah mata air, lubang air, gua batu, dan lukisan-lukisan kuno bernilai sejarah. Karena itulah UNESCO mencantumkannya dalam Daftar Situs Warisan Dunia mereka.

Batu-batu merah yang membentuk formasi Ayers Rock diyakini menyimpan kutukan bagi siapa saja yang berani mengambilnya. Kabarnya wisatawan yang nekad mengambil cukilan Ayers Rock selalu ditimpa kesialan, hingga akhirnya mereka mengirimkan batu itu kembali ke tempat asalnya.

Itulah batu-batu tersohor di berbagai belahan dunia yang dipercaya menyimpan kekuatan gaib. Percayakah Anda?