Senin, 20 April 2015

Suka duka Publisher Google Adsense

Mendapatkan uang secara online melalui blog dengan mengikuti program ppc google adsense memang terdengar menyenangkan, terutama bagi mereka yang belum pernah sama sekali menggeluti pekerjaan ini. Tiap bulan gajian, duduk di depan komputer, membuat artikel sambil ngopi, tak keluar keringat, tidak diperintah atasan dan seabrek hal-hal enak menumpuk dalam angan.

Benarkah demikian? Memang benar membuat artikel hanya cukup dengan duduk di depan komputer, kalau sambil berlari kan nggak mungkin (bercanda he he). Tetapi, cukupkah hanya dengan modal itu? Tidak! Banyak hal yang luput dari apa yang mereka fikirkan.

Google adsense milik si embah rajanya internet dunia. Untuk menjaga reputasinya di mata pengiklan online, google tidak mungkin sembarangan menerima blog untuk menampilkan iklannya dengan begitu saja. Beberapa tahun yang lalu sebelum program ppc ini resmi mendukung bahasa Indonesia memang lebih mudah dibandingkan sekarang. Dengan modal blog berbahasa Inggris, comot artikel sana-sini bisa saja dengan mudah menerima lamaran sebuah blog.

Tetapi, seiring dengan perkembangan dunia internet si embah lebih selektif untuk menerima calon publishernya. Tahun kemarin melamar adsense dengan cara upload di youtube dengan mudah dapat dilakukan dan iklan sekaligus dapat tampil di blog yang kita miliki.

Sekarang tidak lagi demikian. Blog 100% murni karya sendiri belum tentu juga diterima untuk itu. Blog besar, tampak canggih, kaya artikel belum tentu juga dengan mudah diterima. Mengapa? Banyak sekali faktor penyebabnya. Saya kira jarang sekali ada orang yang mampu menguraikan secara rinci, jelas dan pasti blog yang bagaimana lolos mendaftar program ini, karena memang banyak sekali peraturannya.

Nah, bagi anda yang berniat mendalami bisnis internet ini, saya memiliki beberapa kiat singkat yang mungkin bisa membantu kelancaran anda nantinya.

Tetapkan tema blog
Sebelum melangkah membuat blog, tentukan terlebih dahulu tema apa yang akan anda tulis. Menurut survey dan membaca di forum sana-sini, tema blog yang spesifik membahas satu topik bahasan lebih mudah diterima menjadi publisher adsense. Untuk nilai klik yang lebih mahal bertema perhotelan, pariwisata, keuangan, gadget dan perbankan.

Tetapi, jika memilih tema blog janganlah menulis yang tidak anda kuasai. Sebab suatu saat pasti akan menemui kendala untuk pengembangan blog selanjutnya. Kalaupun anda nekad untuk itu, carilah rekan yang dapat diajak kerja sama dan menguasai latar belakang tulisan yang dimaksud.

Setelah yakin, tentukan judul blog. Usahakan judul blog yang unik dan mudah diingat. Lebih baik lagi jika judul blog kosakatanya mirip atau mencakup isi dari blog. Misalnya seperti blog ini judulnya "Manyaran Blogger Forum". Jangan ditekankan pada forumnya saja, tetapi perhatikan kata bloggernya, yang mencakup deskripsi blog "Tutorial belajar membuat blog dengan blogspot lengkap dengan video tutorial". Sedangkan kata Forum saya maksudkan sebagai pelengkap.

Membeli domain
Jika anda berniat membuat situs besar dan berkelanjutan, belilah domain. Bagi yang awam jangan khawatir, saat ini domain tidaklah mahal. Dengan seratus ribu rupiah anda dapat memiliki domain selama 1 tahun. Bagi yang menggunakan blogspot seperti blog ini tidak perlu menyewa hosting, karena kita menggunakan hosting blogger.

Coba lihat situs-situs terkenal, pasti mereka menggunakan domain sendiri. Ada pula yang sukses hanya dengan blog gratisan, namun saya yakin tidak bakalan sesukses jika menggunakan nama domain sendiri. Mengapa? Karena para pengiklan sudah tentu lebih tertarik dengan situs yang berdomain sendiri. Mengapa? Si empunya mau mengeluarkan modal berarti mereka serius untuk situsnya. Selengkapnya anda bisa mencari artikel tentang domain dan sub domain.

Menurut para webmaster, nama domain dengan judul yang sinkron akan lebih mudah diprioritaskan oleh mesin pencari meski ini tak lepas dengan isi blog. Saya contohkan seperti blog ini. jika suatu saat saya membeli domain untuk situs ini maka saya akan membeli bloggermanyaran.com atau bloggermanyaran.net. Yang penting nama blogger dan manyaran tetap ada.

Memilih template
Apa itu template blog? Bagi yang masih pemula sekali pasti masih bingung. Silahkan browsing, sudah banyak rekan blogger yang membahasnya. Sebenarnya blogger sendiri sudah menyediakan banyak template yang meski sederhana namun kualitas seonya tidak diragukan lagi. Tetapi, mayoritas blogger pemula akan mencari template yang tampilannya menarik secara visual tanpa memikirkan loading.

Tahukah anda bahwa loading blog akan membuat pengunjung kesal? Jika kita berfikir sampai di situ tentu template yang ringan akan menjadi pilihan utama. Selain untuk pengunjung, iklan adsense akan menyukai blog yang cepat dibuka. Maksudnya agar iklan mereka segera tampil dan dilihat oleh pengunjung.

Untuk itu, bagi yang masih pemula dan belum tahu menahu tentang mengedit template ada baiknya gunakan saja template bawaan blogger. Seiring berjalannya waktu sedikit demi sedikit anda akan mengetahui bagaimana membuat tampilan blog anda menarik di mata pengunjung, karena di blogger sendiri sudah disediakan tool untuk mengedit template tanpa mengoprek kode HTMLnya.

Mulai ngeblog
Banyak hal yang harus diperhatikan ketika anda mulai membuat artikel. Jangan sepelekan ini, karena saat mendaftar adsense tulisan anda akan direview oleh team google. Jangan biasakan mencopy gambar maupun artikel ke sana kemari, meski dengan menyematkan sumber ini syah diperbolehkan. Ini berdampak pada kebiasaan anda sendiri. Bukankah manusia selalu digiring kepada kebiasaan? Jika anda terbiasa malas itulah yang akan selalu dilakukan.

Ambillah gambar dengan kamera sendiri meski hasilnya tidak sebagus kamera sony yang mahal, dan tulislah artikel dengan daya pikir sendiri meski tak sehebat penulis terkenal. Tak ada penulis hebat yang tiba-tiba hebat. Semuanya dimulai dari nol besar dilanjutkan dengan ketekunan yang fokus. Dengan terbiasa menulis sendiri lambat laun tulisan akan berkembang dengan sendirinya, baik penulisan yang benar menurut kaidah, kosa kata kata yang beragam dan sebagainya.

Jangan membuat link ngawur jika anda tak paham betul link yang anda tautkan. Misalnya membuat link yang menuju ke situs-situs yang dilarang google adsense. Selengkapnya bisa dibaca pada petunjuk google adsense support. Jika anda nekad, saya yakin ini akan menyulitkan ketika anda mendaftarkan blog anda nantinya.

Dalam menulis artikel saya menyarankan, tulislah artikel yang bermanfaat dan menambah pengetahuan bagi pembaca dengan jumlah kata minimal 500 kata. Meskipun tidak ada aturan demikian, tetapi setidaknya di mata google tulisan anda bukan sekedar menulis tetapi memiliki isi yang jelas dan bermanfaat. Mungkin ada pertanyaan, mengapa situs-situs portal itu hanya 4 atau 5 paragraf saja tidak apa-apa. Jangan dulu meniru mereka, situs yang sudah familier tentu saja mendapat kedudukan yang baik dari pada kita yang masih pemula.

Mendaftar google adsense
Untuk mulai mendaftar bisnis ppc ini, saya menyarankan blog sudah memiliki minimal 50 judul artikel. Apa harus segitu? Tidak juga. Hanya saja menurut pemikiran saya, dengan artikel sejumlah segitu blog kita sudah patut untuk dikunjungi. Jangan sampai pengunjung yang datang tidak mendapatkan apa-apa.

Jangan mengira google tidak tahu jika pengunjung kecewa terhadap blog kita. Gerak-gerik mouse anda pun bisa dideteksi oleh robot canggihnya. Jadi berikan nilai tambah bagi pengunjung yang datang, yang membuat mereka mengingatnya.

Jika sudah siap segeralah daftarkan blog anda. Dengan niat baik dan doa semoga diterima sebagai publisher adsense.

Ketika ditolak menjadi publisher
Diibaratkan sedang melamar pekerjaan hanya ada dua kemungkinan, yaitu diterima dan ditolak. Persiapkan mental untuk keduanya. Jika diterima mungkin akan bersorak, tetapi janganlah berkecil hati jika ditolak. Justru jadikanlah tantangan, inilah yang akan menggembleng kemampuan anda. Beranilah! pantang mundur.

Mengapa? Bagi yang pemula saya yakin tidak pernah terfikirkan bagaimana nantinya jika sudah diterima. Saya justru tersenyum sekaligus kasihan jika ada rekan yang terburu-buru ingin diterima menjadi pekerja online ini. Mereka tidak tahu bahwa apa yang akan mereka hadapi nantinya lebih sulit dari pada hanya sekedar diterima.

Apakah setelah diterima menjadi publisher adsense blog akan langsung mencetak dolar? Tidak! Jangan bercita-cita menjadi publisher sukses jika pikiran anda hanya berkutat seputar itu. Banyak sekali rekan blogger setahun, dua tahun dan bahkan lebih belum bisa menghasilkan apa-apa. Dan tak sedikit yang bergumam lalu berbelok arah karena menganggap bahwa bekerja dengan adsense adalah bohongan tanpa hasil.

Saya sendiri setelah delapan bulan pertama baru bisa menghasilkan 100$ dan bisa mencairkannya di western union. Setelah dengan banyak membaca dan belajar dari berbagai sumber dari 8 bulan menjadi 3 bulan, 2 bulan dan akhirnya setiap bulan sudah bisa menikmati hasil jerih payah ini. Menurut feeling saya google memang menguji sampai di mana keseriusan kita dalam mengelola blog, tak beda dengan karyawan perusahaan yang biasanya mendapatkan masa uji 3 bulan.

Melamarlah kembali dan teruslah melamar
Penolakan dari adsense bukan tanpa alasan, setiap penolakan pasti ada pemberitahuan secara singkat di email. Jika ini terjadi, perhatikan dengan seksama pemberitahuan tersebut, hal apa yang menyebabkan blog anda di tolak. Bisa dari tata letak situs, artikel maupun kepatuhan terhadap webmaster. Lakukan perbaikan semampunya, banyak belajar di forum dan membaca.

Teruslah posting seperti biasa. Dengan artikel lebih banyak dan orisinil blog akan lebih besar kemungkinan untuk diterima. Buatlah perubahan, seperti menu yang jelas, dan mudah dilihat pengunjung. Karena ini direkomendasikan si embah sendiri bahwa navigasi yang jelas sangat penting (wajib: about, privacy policy). Lakukan evaluasi, jika sudah siap melamarlah kembali, biasanya tautan sudah diberikan pada email pemberitahuan penolakan. Jangan lupa berdoa, semoga yang kuasa mendengar pinta umatnya.

Study banding
Coba renungkan sebentar. Lihat orang-orang di sekitar! Saya contohkan saja guru. Berapa tahun mereka berwiyata bhakti di dunia pendidikan? Bangun pagi berangkat ke sekolah untuk mengajar, pulang jam 2 dengan gaji seadanya. Itupun tidak ada yang menjanjikan bahwa mereka nantinya pasti diangkat menjadi pegawai negeri. Padahal mereka sudah banyak mengeluarkan banyak beaya di bangku kuliahnya.

Perhatikan para pengusaha di sekitar anda. Berapa modal yang mereka tumpahkan untuk usahanya? Apa lagi modal yang digunakan hanya pinjaman dari bank yang harus mengangsurnya setiap bulan. Malam dibuat siang, dan sebaliknya. Belum lagi kendala-kendala yang harus dihadapi ketika usahanya mulai berjalan.

Lihatlah, siapa di antara pengusaha tersebut yang akan bertahan dan meraih sukses? Pastilah mereka yang mau bekerja keras, berani menghadapi masalah dan rela menjalani perjalanan proses yang sangat-sangat tidak nyaman.

Menurut yang saya amati, pengusaha yang mampu menjalani proses sepuluh tahun keataslah yang akan memetik hasil jerih payahnya. Coba bandingkan dengan publisher adsense! Rata-rata mereka memetik hasilnya setelah satu tahun. Berapa modal yang dikeluarkan? Cukup komputer dan pulsa untuk koneksi internet. Berapa waktu yang digunakan? Sesuka kita, tidak ada ikatan waktu. Masih bisa mengerjakan pekerjaan di alam nyata dengan bebas.

Program google adsense bukanlah program cepat kaya, tetapi membutuhkan proses yang tergantung kepada si penjalan proses sendiri. Artinya, semakin kita serius menekuninya maka hasil akan semakin tampak. Ini adalah jangka panjang, saya yakin dunia internet tidak akan surut namun justru akan semakin berkembang di masa mendatang. Tak sedikit blogger sukses karenanya (baca artikel blogger menghasilkan milyaran rupiah).

Nah, bagi anda yang ingin menekuni bisnis yang satu ini, pesan saya jangan pernah terpikir akan cepat kaya. Andaipun suatu saat diterima, jalan tidak akan selalu mulus, masih banyak yang harus dipahami dan dipelajari. Uang yang anda dapatkan anggaplah sebagai efek samping dari sesuatu yang dikerjakan, hilangkan pamrih. Karena jika hanya pamrih yang bercokol dalam benak anda maka hanya kekecewaan yang akan datang.

Saya kira sekian dulu sharing blogger manyaran kali ini. Semua yang di sampaikan diatas murni bersumber dari pengalaman penulis, mungkin banyak blogger lain yang mengalami pengalaman berbeda. Silahkan mencari artikel tentang ini, kumpulkan dan simpulkan. Sehingga anda mendapatkan ide dan cara tersendiri untuk mempermudah jalan menuju sukses di dunia adsense.