Senin, 13 April 2015

Hikmah Dari Masa Sulit



Sedang Mengalami Masa Sulit? Ingatlah Kembali 4 Hal Ini

Baru saja kehilangan sesuatu yang sangat berharga dalam hidup Anda? Sedang mengkhawatirkan sesuatu sampai-sampai membuat Anda tertekan? Atau mungkin Anda sedang berada dalam situasi yang membuat Anda seolah-olah tak bisa bernapas lega?
Kita semua pasti pernah berada dalam masa-masa sulit, di saat segala sesuatunya seolah menghakimi diri kita. Tapi bukan berarti kita harus kalah dengan kondisi sulit yang kita hadapi.
Justru kita harus melakukan sesuatu, membalik keadaan jadi lebih baik. Caranya? Mulailah dengan kembali mengingat empat hal di bawah ini.

Rasa Sakit dan Masa Sulit Membantu Kita untuk Tumbuh

Tentu saja kita semua menginginkan kehidupan yang bebas dari rasa sakit dan tertekan. Kita semua pastilah menginginkan rasa senang dan bebas setiap saat. Tapi, kita pun tak bisa menghindar dari rasa sakit yang bisa datang kapan saja, dalam situasi apapun.

Dilansir dari lifehack.org, mendapatkan hidup yang bebas dari rasa sakit itu terbilang tidak akan mungkin terjadi. Yang mungkin terjadi adalah kita bisa melakukan sesuatu untuk menghadapi dan mengatasi rasa takut tersebut. Masa-masa sulit bisa membuat kita belajar sesuatu, melakukan sesuatu, dan pada akhirnya bisa membuat kita tumbuh menjadi orang yang lebih baik dan dewasa.

Ambil Alih Tanggung Jawab

Kita akan sangat kesulitan untuk mengubah situasi jika kita tak bertindak sesuatu atau mengambil alih tanggung jawab kita. Mungkin Anda baru saja kehilangan sesuatu yang amat berharga dalam hidup Anda. Alih-alih menyesali atau merutuki yang sudah terjadi, ambillah tanggung jawab hingga Anda merasa "bertanggungjawab" untuk melakukan sesuatu.

Masa sulit yang Anda hadapi saat ini bisa diubah oleh Anda sendiri. Jika Anda tak melakukan sesuatu, Anda bisa saja terjebak dalam masa sulit itu lebih lama lagi.

Kita Hanya Punya Masa Kini

Banyak orang yang masih saja terjebak dalam masa lalunya. Bahkan mungkin Anda berandai-andai bisa memutar waktu untuk melakukan sesuatu yang menurut Anda lebih baik agar hari ini Anda tak berada dalam masa sulit. Tapi, hei, kita tidak hidup di masa lalu. Hidup kita ada pada saat ini, di masa kini.

Anda hanya perlu memutuskan pada diri Anda sendiri bahwa Anda berhak bahagia hari ini. Biarlah masa lalu berlalu. Biarkan saja hal-hal yang telah lalu jadi bagian dari hidup Anda. Jika saat ini Anda sedang berada dalam masa sulit, jangan salahkan waktu yang telah lalu. Lakukan hal yang bisa membuat Anda bahagia saat ini, sekarang juga.

Hal-Hal Luar Biasa Tak Terjadi dalam Waktu Semalam

Untuk bisa memulihkan diri Anda atau ingin mendapatkan hal yang luar biasa, Anda butuh waktu. Masa sulit yang Anda hadapi saat ini pasti akan berlalu, hanya saja butuh proses.

Mungkin Anda sedang memperjuangkan sesuatu, tapi gagal lagi dan lagi. Dan ini bukan berarti Anda harus kalah dan menyerah pada kesulitan yang Anda hadapi. Justru Anda perlu terus melangkah ke depan. Akan ada saatnya sesuatu yang ajaib terjadi ketika Anda benar-benar tak menduganya.

Ketika berada dalam masa sulit, kita tak bisa menyuruh orang lain untuk mengubahnya. Kita tak bisa sepenuhnya bergantung pada orang lain untuk membuat hidup kita jadi lebih baik. Anda dan hidup Anda, Anda adalah satu-satunya orang yang memegang kontrol atas hidup Anda. Dan satu lagi yang penting adalah Anda tak sendiri. Banyak orang lain di luar sana yang menghadapi masa yang lebih sulit dan masalah yang lebih besar dari yang sedang Anda alami sekarang.