Senin, 13 April 2015

Misteri Pembunuhan Tata Chubby dan Tren Akun Alter di Indonesia


Kasus pembunuhan Deudeuh Alfisahrin (26) alias Tata Chubby alias Mpie, mengunggah jagat media sosial Twitter. Deudeuh rupanya mempunyai nama lain di twitter yaitu @Tataa_Chubby akun itu merupakan akun alter yang dibuat Deudeuh sebagai sarana eksis di jagat maya.

Beberapa rekan Deudeuh menyebut, akun @Tataa_Chuby sebagai akun alter, apa maksudnya? Akun alter memang belum santer terdengar di masyarakat luas.

Dalam penelusuran detikcom, Senin (13/4/2015), akun alter merupakan istilah dalam jagat maya. Akun alter biasanya menjual foto-foto syur atau bahkan menjual badan dengan akun palsu. Sebagai contoh, Deudeuh menjadi nama Tata Chubby dalam akunnya. Belum bisa dipastikan apa motif Deudeuh membuat akun alter itu. Tak diketahui juga apa aktivitas jelas Deudeuh dengan akunnya. Polisi masih berupaya mengungkapnya.

Tapi lepas dari urusan kasus Deudeuh dan akun alternya, memang ada fenomena menarik di jagad dunia media sosial. Ada aktivitas sejumlah orang yang memanfaatkan dan terindikasi melakukan kerja terkait dunia esek-esek dengan akun itu.

Kebanyakan para alter hanya ingin mencari uang dengan menjual foto saja kepada pelanggannya di twitter. Atau menjual nomor HP kepada pelanggannya untuk melakukan phone sex.

Namun lama-kelamaan, semakin ke sini dunia alter merambah menjadi sarana jual badan. Tapi umumnya mereka ingin dibedakan dengan para wanita bayaran yang menjajakan diri di pinggir jalan atau diskotik. Alter tidak menjual dirinya setiap hari, dia akan melayani pelanggan sesuai mood atau sesuai kebutuhan hidup.

Tentunya, isitlah alter ini merambah kosakata prostitusi di ibu kota. Sebelumnya istilah prostitusi di Jakarta sempat ramai dengan 'cabe-cabean', 'jablay', 'bisyar (bisa dibayar)' dan istilah nakal lainnya.

Tren alter ini memang tergolong negatif dan tabu. Namun bukan hal yang mudah untuk menghentikan hal-hal seperti itu. Maklum saja, alter merupakan akun dengan identitas palsu, apa lagi pengguna jagat twitter sudah jutaan dan sulit membedakan mana alter dan akun asli.