Sabtu, 04 April 2015

Mengapa Seseorang Sulit Sukses

Sukses merupakan dambaan setiap orang. Orang bijak mengatakan orang sukses harus punya mimpi besar untuk sukses, selain punya mimpi yang besar harus disertakan dengan usaha yang besar pula. Mengenai mimpi sendiri, mengapa seseorang harus punya mimpi yang besar? Ingat lagu Nidji tidak sobat liriknya seperti ini; “Mimpi adalah kunci untuk kita menaklukan dunia” Luar biasa bukan? Maka situ bermimpilah.

Menurut Anatole France “Untuk mencapai kesuksesan, kita jangan hanya bertindak, tapi juga perlu bermimpi, jangan hanya berencana, tapi juga perlu untuk percaya”.(Anatole France).

Biarkan orang lain berkata apa tentang mimpi kita, tapi yakinlah dan buktikan pada mereka bahwa dengan mimpi itu kita akan menjadi orang yang besar. “No matter what people said, I will make my dream come true” Jangan pernah minder dan malu untuk bermimpi, jadikan mimpi itu pelecut untuk meraih kesuksesan di dunia dan akhirat.

Namun mengapa demikian, masih sulit juga buat seseorang untuk menuju sukses? Mari kita lihat 7 penyebab sesorang sulit sukses di bawah ini.

1. Takut bermimpi
Seperti yang sudah dijelaskan di atas, untuk menjadi orang yang sukses selain butuh tindakan, kita juga harus punya mimpi yang besar. Dengan mimpi yang besar kita akan memiliki semangat besar untuk merealisasikan mimpi besar tersebut. Takut bermimpi merupakan salah satu mengapa orang sulit sukses, mengapa demikian? Mimpi untuk suksesnya saja tidak ada apalagi menjadi orang sukses. Mulai dari sekarang bermimpilah besar. Kalo perlu tuliskan mimpi-mimpi besar sobat di dinding-dinding kamar agar sobat senantiasa mengingat dan terus membacanya dengan begitu ketika rasa malas datang sobat akan bangkit mengingat mimpi besar yang harus di raih.

2. Berpikir bahwa menjadi sukses itu sulit
Sadar atau tidak? pikiran kita itu begitu luar biasa. Coba bayangkan saja, ketika kita berjalan dengan mata tertutup untuk melewati papan yang berada di ketinggian 20 meter dengan angin yang begitu kencang. Apakah akan merasa takut? Tentu saja tidak bukan? Dengan keyakinan dan pikiran bahwa sobat bisa melewati itu sobat akan berhasil. Beda halnya ketika berjalan dengan mata terbuka, pasti akan ketakutan. Dan takut itulah yang akan membuat otak berpikir akan sulit untuk melewatinya dan akhirnya gagal. Begitulah analoginya.

3. Mudah menyerah dan putus asa
Inilah tabiat buruk kebanyakan orang, semoga kita tidak menjadi bagian dari kebanyakan orang yang itu. Orang bijak mengatakan untuk menjadi sukses jangan takut gagal. Untuk menjadi sukses jangan mudah menyerah, untuk menjadi sukses teruslah mencoba mencoba mencoba dan terus mencoba. Kegagalan itu kesuksesan yang tertunda jadi teruslah kejar kesuksesan.

4. NATO (No Action Talk Only)
Jika ingin sukses, hindari perilaku seperti ini. Bukankah kesuksesan itu tidak akan di dapat hanya dengan bermulut besar, banyak bicara dan tidak ada aksi untuk merealisasikannya? Punya beribu macam rencana, tapi tidak ada satu pun yang dikerjakan. Full of plan but zero action. Padahal tidak mungkin ada hasil tanpa usaha, dan tidak mungkin ada perubahan tanpa suatu tindakan. Mulai sekarang hindari perilaku seperti itu!

5.  Senang mencari alasan
Orang sukses adalah mereka yang memiliki banyak cara, sedangkan orang gagal adalah mereka yang memiliki banyak alasan. Jadi jangan habiskan waktu kita hanya untuk mencari alasan, lebih baik fokus untuk mencari cara agar berhasil daripada sibuk mencari alasan padahal akan membuat gagal.

6. Kurang Update
Ini juga salah satu penyebab seseorang sulit untuk sukses, Ya, kurang update. Dunia itu terus berputar, ketika sedetik saja kita terdiam maka akan tertinggal dan ketika sudah tertinggal. Maka perlu kerja keras untuk mengejar ketertinggalan tersebut. Ada sebuah kata-kata bijak yang selalu dikatakan oleh orang-orang yang telah sukses, seperti ini; “Menjalani hidup ini harus menggunakan teori sepeda, teruslah mengayuh agar tidak terjatuh”. Jadi jangan pernah berpikir pula bahwa kita sudah pintar, kita sudah berada di puncak jadi lupa dengan belajar.

7. Kurang bersosialisasi
Selain kurang update, penyebab seseorang sulit sukses karena kurangnya sosialisasi. Kurangnya sosialisasi akan membuat seseorang menjadi individual, sulit beradaptasi, yang akhirnya jauh dari lingkungan sekitar. Jikalau sudah jauh dari lingkungan sekitar secerdas bagaimanapun orang ini pasti akan sulit untuk sukses. Percaya atau tidak sukses itu memerlukan jaringan, semakin luas jaringan akan semakin banyak peluang yang di dapatkan.

Semoga bermanfaat !