Rabu, 08 April 2015

APBD DKI dan Masalah UPS

Kekisruhan APBD DKI 2015

Pengamat politik dari Populi Center, Nico Harjanto, mengatakan penyebab kisruh Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara DKI Jakarta adalah ulah segelintir anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah DKI Jakarta. Menurut dia, anggota Dewan masih mementingkan ego sektoral dalam mengendalikan politik anggaran. "DPRD sumber masalah. Harusnya, kalau berkaitan dengan kepentingan masyarakat, mereka bisa menghilangkan egonya," ujar Nico dalam sebuah diskusi di Menteng, Jakarta Pusat, Sabtu, 21 Maret 2015.

Nico menjelaskan, seharusnya pembahasan Rancangan APBD 2015 itu bisa selesai dengan cepat, supaya Pemerintah Provinsi DKI bisa segera menjalankan program unggulannya. Namun yang terjadi adalah, ujar Nico, anggota Dewan tetap ngotot mempertahankan usulan anggaran DKI lantaran didesak oleh kepentingan partai dan kelompoknya. "Sehingga permasalahan tersebut tidak kunjung usai," ucapnya.

Pembahasan rancangan APBD 2015 antara Pemprov DKI dan Badan Anggaran DPRD pada Jumat malam, 20 Maret 2015, masih menemui jalan buntu. Akibatnya, mau atau tidak mau, peraturan gubernur harus keluar untuk menopang penggunaan anggaran Pemprov DKI. Dampak penggunaan pergub adalah anggaran yang diperoleh Pemprov DKI pada 2015 sama seperti anggaran pada 2014.
 

Salah Sebut UPS Jadi USB, Haji Lulung Mengaku Capek

Wakil Ketua DPRD DKI Abraham Lunggana akhirnya blak-blakan mengenai kesalahan dia menyebut UPS (unitteruptible Power Suply) menjadi Universal Serial Bus (USB).
Kesalahan pelafalan tersebut disampaikan Abraham di kementerian dalam negeri saat mediasi DPRD DKI dengan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama.

"Kalau orang kecapean bisa salah ngomong. Saya tiga kali capek, itu lahirkan fakta psikologi itu saya ucapkan UPS jadi USB," ujar pria yang akrab disapa Haji Lulung itu di Double Tree by Hilton Hotel, Cikini ,Jakarta, Sabtu (7/3/2015).

Kesalahan penyebutan tersebut, kata Lulung, menunjukkan dia sama sekali tidak mengerti UPS yang disebut Gubernur Ahok sebagai dana siluman.

"Itu artinya saya kagak ngerti apa-apa tentang UPS," kata Lulung.

Definisi UPS dan USB

UPS singkatan dari kata Uninterruptible Power Supply adalah sebuah Alat electronic yang fungsi utamanya  sebagai penyedia listrik cadangan atau tambahan pada bagian tertentu seperti komputer, Data Center, atau bagian lain yang penting untuk mendapatkan asupan listrik secara terus-menerus  dalam waktu tertentu ,UPS juga disebut sebagai baterry backup (Uninterruptible Power Supply)

Di dalam sebuah UPS terdapat Rectifier yang fungsinya untuk mengecharger battery/accu UPS, besarnya tergantung dari type atau jenis UPS itu sendiri. Di dalam UPS juga terdapat inverter yang berfungsi untuk merubah arus accu UPS menjadi arus listrik PLN. dan didalam UPS juga terdapat battery/accu berfungsi sebagai penampung sumber tenaga sehingga pada saat Listrik PLN padam battery/accu sebagai penggantinya dengan waktu tertentu.

Universal Serial Bus (USB) adalah standar bus serial untuk perangkat penghubung, biasanya kepada komputer namun juga digunakan di peralatan lainnya seperti konsol permainan, ponsel dan PDA.
Sistem USB mempunyai desain yang asimetris, yang terdiri dari pengontrol host dan beberapa peralatan terhubung yang berbentuk "pohon" dengan menggunakan peralatan hub yang khusus.


Desain USB ditujukan untuk menghilangkan perlunya penambahan expansion card ke ISA komputer atau bus PCI, dan memperbaiki kemampuan plug-and-play (pasang-dan-mainkan) dengan memperbolehkan peralatan-peralatan ditukar atau ditambah ke sistem tanpa perlu mereboot komputer. Ketika USB dipasang, ia langsung dikenal sistem komputer dan memroses device driver yang diperlukan untuk menjalankannya. USB dapat menghubungkan peralatan tambahan komputer seperti mouse, keyboard, pemindai gambar, kamera digital, printer, hard disk, dan komponen networking. USB kini telah menjadi standar bagi peralatan multimedia seperti pemindai gambar dan kamera digital.

USB flash drive adalah alat penyimpanan data memori kilat tipe NAND yang memiliki alat penghubung USB yang terintegrasi. Penggerak kilat ini biasanya berukuran kecil, ringan, serta bisa dibaca dan ditulisi dengan mudah. Per November 2006, kapasitas yang tersedia untuk penggerak kilat USB ada dari 64 megabita sampai 512 gigabita. Besarnya kapasitas media ini tergantung dari teknologi memori kilat yang digunakan.


Penggerak kilat USB memiliki banyak kelebihan dibandingkan alat penyimpanan data lainnya, khususnya cakram flopi atau cakram padat. Alat ini lebih cepat, kecil, dengan kapasitas lebih besar, serta lebih dapat diandalkan (karena tidak memiliki bagian yang bergerak) daripada disket.

Namun Penggerak kilat USB juga memiliki umur penyimpanan data yang singkat, biasanya ketahanan data pada Penggerak kilat USB rata-rata 5 tahun. Ini disebabkan oleh memori kilat yang digunakan tidak bertahan lama. Bandingkan dengan cakram keras yang memiliki ketahanan data hingga 12 tahun, CD/DVD berkualitas (dan bermerek terkenal) selama 15 tahun jika cara penyimpanannya benar.