Minggu, 10 Mei 2015

UJI NYALI : MAKANAN MENGANDUNG TIKUS


5 Fenomena Makanan Dari Tikus yang Mengaduk Isi Perut

Beberapa saat lalu dunia kuliner dihebohkan dengan postingan dari salah satu akun facebook yang bernama Imas. Postingannya mencengangkan tentang foto semangkuk mie ayam dengan campuran ekor tikus. Sehingga banyak netizen yang berberbondong-bondong memberikan komentar.
Sebenarnya makanan dari tikus memang tidak berbahaya. Ada yang mengatakan bisa dibuat obat atau memang tikus dibuat jajanan seperti di China. Namun bagaimana jika pembeli tidak tau menahu dengan makananan yang bercampur dengan daging hewan satu ini?
Nah, sebaiknya kita ulas beberapa jenis makanan baik yang disengaja maupun tidak dalam penggunaan bahan tikus ini. Berikut kita simak beberapa menu makanan Indonesia yang ternyata dicampur dengan daging tikus.

1. Mie Ayam Buntut Tikus

Seperti itulah nama mie ayam yang sempat termakan oleh Imas. Mie yang berbahan hewan menjijikkan ini sempat menghebohkan warga. Imas sang pembeli tidak menyadari jika mie ayam yang dibelinya ternyata berisi ekor tikus.


Karena tak ingin ada korban lagi, Imas mengunggah foto mie beserta ekor tikus yang tercampur dengan makanannya. Entah mie ini memang dicampur dengan ekor tikus atau tidak, yang jelas makanan ini menjijikan.

2. Bakso Tikus

Kasus penjual bakso menggunakan daging tikus memang sudah lama terdengar. Namun para penjual sepertinya enggan untuk berubah fikiran dan malah meneruskan niatnya menjual bakso daging tikus. Sayangnya bakso tikus yang mereka jual ini berlabel bakso sapi.





Banyak pembeli yang tertipu dengan bakso ini. Dikiranya bakso yang dijual benar bakso sapi tetapi nyatanya hewan menjijikan satu ini yang digunakan sebagai bahan dasar loh.

3. Ayam Goreng Palsu Dari Tikus

Makanan satu ini memang jarang ditemukan. Namun Anda patut waspada ketika membeli ayam goreng dengan harga yang sangat murah. Harga dagingnya saja sudah mahal, kok bisa penjual menjual dengan harga murah?




Biasanya para penjual ayam goreng menyulap daging tikus menjadi sebuah paha atau dada ayam yang menggoda. Selain itu menambahkan dengan bumbu agar terlihat nikmat ketika di makan. Memang sulit untuk membedakan antara daging ayam dan daging tikus jadi teliti terlebih dahulu ketika membeli.

4. Tikus Bakar

Sebenarnya memakan tikus bukan masalah jika ini adalah negara China. Di Manado, tikus bakar banyak ditemukan di pasar. Asal tikus bukan dari parit atau sawah namun dari hutan yang mempunyai ekor putih.



Proses memasak dari tikus bakar memang terlihat simple tapi siapa yang mau mengkonsumsi makanan satu ini. Dengan dibersihkan bulunya lalu di panggang di kobaran api, melihatnya saja sudah membuat perut mual.

5. Tikus Rebus

Jika penikmat makanan ekstrim pasti kenaldengan makanan-makanan ini. Namun bagaimana dengan lidah-lidah Indonesia? Mungkin bisa bergidik sendiri meski baru melihat saja. Selain digoreng dan dibakar ada pula penjual yang meraup keuntungan dengan mencampur daging tikus ke dalam sup.




Dan yang lebih menjijikan, tidak hanya daging yang dimasukkan namun bangkainya pun tercampur didalam kuah sup. Jika daging tikus saja menjijikan apalagi bangkainya.
Banyak yang kurang menyadari makanan yang dikonsumsi bisa berbahaya atau terkesan menjijikan, berbahan dasar tikus contohnya. So, hati-hati jika kalian memakan makanan diluar rumah dan sebaiknya teliti dulu sebelum memakannya.