Kamis, 28 Mei 2015

SOCIOPATH ( Antisocial Personality Disorder)

 



Belum banyak yang tahu seperti apa ciri-ciri seorang sociopath. Namun jika anda suka nonton serial Sherlock yang dibintangi Benedict Cucumber, kira-kira ciri seorang sociopath itu ya mirip-mirip Sherlock Holmes/moriarty.. hehe.. Seorang sociopath bisa didefinisikan sebagai seorang yang sudah dewasa (usia 18 tahun) yang memiliki Antisocial Personality Disorder. Seorang sociopath biasanya tidak punya rasa malu, rasa penyesalan bila telah berbuat salah, kurang memahami perasaan orang lain, sangat suka sekali berbohong, dan manipulatif untuk mencapai tujuan tertentu. Maka tidak heran banyak sekali orang yang sukses adalah seorang sociopath. Itu tadi ciri ringkas dari seorang sociopath, lengkapnya akan dijabarkan dibawah. Pahami ciri-cirinya siapa tahu pacarmu atau temanmu adalah seorang sociopath.

Sociopath biasanya tidak punya rasa bersalah dan penyesalan:
Seorang sociopath yang sudah melakukan tindakan kekerasan misalnya seperti kekerasan fisik/ penganiayaan biasanya tidak memiliki rasa penyesalan, dan suka sekali berbohong untuk menutupi perbuatannya, bahkan malah menyalahkan orang lain atas perbuatannya sendiri. Kalau anda punya teman dekat yang sering menyakiti anda tapi tak pernah minta maaf, bisa jadi.. Kadang sociopath juga menganiaya hewan tanpa rasa bersalah. Kebetulan ini ada contohnya, yaitu si Danang yang suka menganiaya kuching dan tanpa rasa bersalah malah pamer di socmed. Sociopath juga suka sekali melihat gambar-gambar sadis, misalnya gambar orang mati atau gambar orang yang mati karena kecelakaan.

Suka berbohong:
Seperti yang sudah dijabarkan diatas, seorang sociopath suka sekali menciptakan kebohongan dan akan terus berbohong untuk menutupi keadaan dia yang sebenarnya atau untuk tujuan tertentu. Misalnya ada teman anda yang jomblo tapi di socmed ngaku-ngaku punya pacar, bermesraan dengan akun palsu, maka bisa jadi..

Expresi yang tenang dalam keadaan genting:
Misalnya anda tinggal satu kost bersama teman, tetiba kosan anda terbakar. Suasana jadi panik, orang-orang panik, tapi teman anda memperlihatkan expresi biasa saja, tidak menunjukkan ekspresi panik atau ketakutan, malah bakar jagung di TKP, maka bisa jadi..

Sikap baik hati pada awalnya:
Seorang sociopath memang mudah bergaul dan suka menyenangkan hati orang lain untuk tujuan tertentu. Mudah sekali mendapatkan teman, tapi ingat bahwa sebenarnya seorang sociopath memiliki sifat dasar Antisosial. oleh karena itu jika tujuannya sudah tercapai tiba-tiba seorang sociopath akan menarik diri dari pergaulan dan tidak lagi menunjukkan sifat yang baik hati dan menyenangkan. misalnya anda punya seorang teman yang pada awalnya sangat baik hati, enak diajak main, eh tiba-tiba susah dihubungi selama berminggu-minggu dan tidak mau diajak ketemuan alias ngilang, maka bisa jadi..

Orang yang memiliki IQ tinggi:
Biasanya seorang sociopath memang memiliki iQ atau kecerdasan diatas rata-rata. Namun kecerdasan itu mereka gunakan untuk membodohi atau memanfaatkan orang-orang disekitar mereka yang memiliki iQ/ kecerdasan dibawah level mereka. Jika mereka berbuat kriminal maka mereka akan dengan mudah menemukan alibi untuk menutupi jejaknya. Hal ini sangat mirip sekali dengan penggambaran karakter Sherlock Holmes, seorang sociopath yang cerdas. Namun jika anda mempunyai teman yang sok-sokan meniru karakter Sherlock Holmes maka sudah bisa dipastikan teman anda bukan seorang sociopath, tapi penggemar Benedict Cumberbatch.

Manipulatif:
Seperti yang sudah saya tulis sebelumnya, sociopath adalah seorang yang cerdas. Mereka tahu betul cara mencari kelemahan saseorang, jika mereka sudah mengetahui kelemahan seseorang, maka dengan mudah orang tersebut akan dimanfaatkan. biasanya sociopath mencari orang-orang yaang lemah secara mental, memanfaatkan orang-orang yang sedang bersedih, Orang-orang yang sedang putus asa. Sociopath akan dengan mudah memanfaatkan orang-orang seperti ini.

Suka dengan kekerasan:
Beberapa sociopath sewaktu kecil suka sekali menyiksa hewan-hewan tak berdaya, misalnya kucing, kodok atau anak ayam. Semakin dewasa sociopath akan menunjukan kemarahan dengan cara destruktif. Misalnya membanting barang, memukul tembok dsb. Berhati-hatilah jika anda memiliki seorang teman yang biasanya terlihat kalem, namun tiba-tiba marah dengan membanting barang dan memukul dosen, maka teman anda bisa jadi..

Merasa superior:
Sociopath berdelusi bahwa dirinya adalah seorang yang superior di dunia, merasa lebih hebat dari siapapun. Selalu membayangkan dirinya hebat dalam bidang tertentu. Misalnya merasa skill bermain sepakbolanya lebih hebat dari Messi atau Ronaldo, padahal dalam kehidupan nyata sama sekali tidak bisa bermain bola.

Suka menatap mata orang berlama-lama:
Maksudnya seorang sociopath sangat suka sekali menatap mata orang (eye contact) berlama-lama dengan tujuan mengganggu atau sengaja membuat emosi.

Mempunyai sedikit teman sejati di dunia nyata:
Jika anda punya teman atau pacar yang sedikit sekali punya teman di dunia nyata. Atau tidak akrab dengan keluarganya sendiri, bisa jadi adalah seorang sociopath. Kecuali memang teman atau pacar anda ini adalah orang yang pemalu. Biasanya seorang sociopath juga menghindari teman dari masa lalunya. jika teman anda pada saat ini tidak mempunyai koneksi dengan teman masa lalunya, misalnya tidak punya teman dari almamater SD, SMP, dsb, maka bisa jadi.

Rasa cemburu yang sangat tinggi:
Jika seorang sociopath mempunyai seorang teman sejati, maka dia akan sebisa mungkin mencegah teman sejatinyanya untuk berteman atau bergaul dengan orang lain. Atau jika seorang sociopath mempunyai pacar, maka akan sangat protektif dan cemburuan. Sang pacar akan dicegah untuk bergaul dengan teman-temannya. Mungkin kasus pembunuhan Ade Sara Angelina Suroto adalah contoh nyata hal ini.

Mengulang kesalahan yang sama dan egosentris:
Seorang sociopath kerap sekali mengulang kesalahan yang sama, dan mereka tidak mau belajar dari kesalahannya sendiri. Cenderung egois dan pelit. Berbuat sesuatu tidak mementingkan kepentingan orang lain dan hanya untuk kepentingan dirinya sendiri.

Itulah beberapa ciri dari sociopath, silahkan ditelaah. Bisa jadi teman, pacar atau bahkan anda sendiri adalah Seorang Sociopath!! Jika anda mempunyai teman yang terindikasi sebagai sociopath, lebih baik anda menghindar darinya. namun jangan secara frontal anda bilang ke teman anda bahwa dia seorang sociopath!

Bisa dihabisi anda! Jika anda punya pacar seorang sociopath, aduh jangan sampe deh. Kenali lebih dalam pribadi seseorang sebelum menjadi pacar anda. Soalnya jika sudah terlanjur pacaran, kemudian putus, efeknya mungkin bisa mengerikan.

Sudah banyak sekali kasus orang membunuh mantan pacarnya sendiri karena cemburu. So, kenali lebih lebih dalam dulu orang yang sedang dekat dengan anda.