Rabu, 20 Mei 2015

Akses Internet Indonesia belum 100 besar dunia !



Akamai Technologies, penyedia layanan teknologi berbasis cloud mengumumkan hasil risetnya mengenai kecepatan internet di negara-negara seluruh dunia pada kuartal akhir tahun 2014. Dalam laporan ini terlihat adanya peningkatan kecepatan rata-rata akses internet sebesar kurang lebih 20% menjadi 4,5 Mbps.

Dalam hasil press release yang mereka keluarkan, Indonesia belum beranjak masuk ke jajaran 100 besar negara dengan koneksi internet tercepat. Saat ini, Indonesia masih menempati urutan ke-122 di dalam daftar tersebut dengan kecepatan rata-rata sebesar 1,9 Mbps, naik sekitar 16% di banding kuartal yang sama di tahun sebelumnya. Angka ini masih terpaut cukup jauh dari rata-rata global.

Dalam riset ini, Akamai juga meneliti kecepatan internet dengan standar tertentu seperti 4,10,15 Mbps. Hasilnya, pada kategori di atas 4 Mbps, Indonesia menempati peringkat ke 99. Naik lebih dari 1,5 kali lipat dari tahun sebelumnya.

Akamai menyebutkan, kecepatan rata-rata tersebut memenuhi standar minimum akses broadband, yaitu 4 Mbps. “Kecepatan rata-rata ini merupakan pencapaian yang ketiga kalinya secara berturut-turut,” ujar Akamai sebagaimana ditulis situs ZDNET, Kamis (26/3/2015).
Lantas, siapa saja negara-negara yang berhasil menempati peringkat teratas dilihat dari kecepatan rata-rata koneksi internetnya? Juaranya adalah Korea Selatan dengan rata-rata kecepatan menyentuh 22,2 Mbps. Angka ini naik 1,6% dibandingkan kuartal yang sama pada tahun sebelumnya.
Runner up dari daftar ini adalah Hong Kong dengan kecepatan rata-rata 16,8 Mbps. Naik 3,4 persen dari kuartal sebelumnya, dan naik hampir 37 persen dari kuartal yang sama tahun sebelumnya.

Kemudian pada urutan ketiga ditempati oleh negara Jepang dengan kecepatan menyentuh angka 15,2 Mbps. Naik 16 persen dari kuartal yang sama tahun sebelumnya. “Secara global, tidak ada pergantian negara yang menempati tiga besar,” kata Akamai. Ketiga negara tersebut dapat dikatakan memiliki pengembangan infrsatruktur dan jaringan yang sangat maju.

Di peringkat keempat adalah Swedia dengan kecepatan rata-rata 14,6 Mbps. Disusul Swiss yakni 14,5 Mbps. Selanjutnya adalah Belanda 14,2 Mbps, Latvia (13 Mbps), Irlandia (12,7 Mbps), Republik Ceko un(12,3 Mbps), dan Finlandia (12,1 persen).