Minggu, 03 Mei 2015

6 Ramalan Bill Gates yang Jadi Kenyataan


Pada tahun 1999 silam, pendiri sekaligus ikon dunia teknologi Bill Gates sempat menulis sebuah buku bertajuk `Business @ the Speed of Thought.` Dalam buku itu, Gates membuat 6 ramalan terkait perkembangan industri teknologi di masa depan.

Dan luar biasanya, seorang mahasiswa bisnis bernama Marcus Kirjonen di dalam blog-nya berhasil membuktikan bahwa seluruh ramalan orang terkaya di dunia itu 100% terwujud di era sekarang ini.

Anda penasaran apa saja ramalan Gates? Berikut 6 ramalan perkembangan industri teknologi Gates yang saat ini menjelma menjadi nyata.


1. Membandingkan harga produk via internetGates memprediksi bahwa nantinya akan semakin banyak orang yang sebelum membeli sebuah produk, mereka akan lebih dulu mencari informasi harganya di situs-situs internet. Orang-orang akan membandingkan harga untuk mencari yang termurah.

Dan kenyataannya sekarang memang itu yang dilakukan banyak orang. Sebelum berbelanja umumnya kita melakukan cross check harga di berbagai toko online.


2. Perangkat mobileGates meramalkan semua orang akan membawa perangkat komputer kecil kemana pun mereka pergi. Dan memang terbukti. Saat ini hampir semua orang memiliki smartphone, tablet, atau bahkan sekedar ponsel fitur yang kesemuanya terkoneksi dengan jaringan internet.


3. Keuangan digital
Gates meyakini sistem keuangan online akan menjadi sektor bisnis yang tak bisa terhindakan seiringan dengan pertumbuhan internet. Faktanya kini memang uang virtual menjadi salah satu lini bisnis yang sedang berkembang. Selain itu, perbankan online pun telah menjadi suatu kewajiban saat ini.


4. Internet of Things
Gates sangat percaya bahwa internet akan menghubungkan banyak orang dan banyak perangkat. Konsep internet of things, menurut Gates, sudah menjadi tren yang `wajib` dituruti karena kondisi dan perkembangan dunia teknologi yang memang mendukungnya. Saat ini pun faktanya sudah banyak vendor yang bergerak ke arah itu. Internet tidak hanya tersedia di komputer atau perangkat mobile, tapi juga sudah merambah peralatan rumah tangga dan alat transportasi.


5. Media sosial
Gate di dalam bukunya menuliskan, "situs pribadi yang dikelola oleh pengguna dan untuk berbagi dengan teman-teman akan membuat banyak orang terkoneksi". Ramalan Gates tersebut terwujud dalam bentuk media sosial. Ya, Facebook, Twitter, dll adalah situs pribadi seseorang tempat mereka menaruh status, berdiskusi, hingga berbagi informasi.


6. Rekrutmen online
Menurut Gates kala itu, orang-orang akan semakin mudah menemukan pekerjaan dan `menjajakan` dirinya secara online. Dan terbukti, situs pencarian kerja (job list) dan situs-situs berbasis profesional menjamur bermunculan.