Senin, 04 Mei 2015

Peluncuran KA Perintis Batara Kresna

Kereta Api Perintis Batara Kresna relasi Purwosari-Wonogiri telah resmi diluncurkan, peluncuran ini di tandai dengan penyiraman dan pemecahan kendi oleh Menteri Perhubungan Ignasius Jonan, Surakarta (11/03). KA Perintis ini diberangkatkan oleh Walikota Surakarta F.X. Hadi Rudyatmo dengan memberikan Semboyan 40 yang merupakan tanda keberangkatan KA.

Menhub Ignasius Jonan menyiramkan air kendi di KA Perintis
KA Perintis Batara Kresna ini memiliki kapasitas angkut sebanyak 117 penumpang. KA ini akan menempuh jarak 30 km dari Stasiun Prwosari - Solo - Sukoharjo - Wonogiri selama satu jam 45 menit. Dengan dioperasikannya KA perintis ini diharapkan dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan memberikan pilihan transportasi untuk masyarakat wilayah Surakarta, Sukoharjo, dan Wonogiri. "Kami berharap railbus itu, dapat menyatukan masyarakat solo, Sukoharjo dan Wonogiri untuk sama-sama bisa menikmati angkutan umum KA ini. Kami mewakili masyarakat banyak terima kasih Menhub yang hadir dalam peluncuran KA Bantara Kresna," ujar F.X. Hadi Rudyatmo.

Walikota Surakarta memberangkatkan KA Perintis Batara Kresna

Pengoperasian KA Perintis Batara Kresna merupakan kesepakatan bersama antara PT KAI (Persero), Dirjenka, dan Pemkot Surakarta. Acara ini dihadiri oleh Direktur Utama PT KAI Edi Sukmoro, Dirjenka Hermanto Dwiatmoko dan jajaran Pemkot Surakarta, perwakilan PT INKA, Komisi V DPR RI. Selanjutnya dalam rangka memberikan apresiasi kepada masyarakat dan untuk meningkatkan minat masyarakat menggunakan transportasi kereta api diberlakukan tiket promosi Rp. 0,- / penumpang (gratis) selama 3 hari mulai 11 s/d 13 Maret 2015. (Corcomm PT KAI)

Batara Kresna, Kereta Api Wisata di Solo
Batara Kresna, Kereta Api Wisata di Solo

Kereta Batara Kresna
Kereta Batara Kresna

Halo travel lovers! Kini Anda patut bergembira. Pasalnya Rabu, 11 Maret 2015 lalu Kereta Api Batara Kresna telah diluncurkan. Batara Kresna yang diluncurkan belum lama ini memiliki rute Kota Solo-Sukoharjo-Wonogiri. Jadi jika destinasi wisata Anda ada diantara tiga kawasan tersebut, KA Batara Kresna dapat menjadi alternatif pilihan moda transportasi yang menarik.
Setiap harinya, salah satu kereta kebanggaan warga Solo ini akan dioperasikan sebanyak dua kali (pulang pergi/PP). Kereta Batara Kresna dijadwalkan akan beroperasi pada pukul 06.00 WIB dari Stasiun Purwosari dan sampai di Stasiun Wonogiri pada pukul 07.45. Selanjutnya kereta ini akan kembali beroperasi dari Stasiun Wonogiri pada pukul 08.00 dan dijadwalkan sampai di Stasiun Purwosari pada pukul 09.45. Dalam waktu satu jam empat puluh lima menit ini Anda akan diajak menyusuri Purwosari, Solo Kota, Sukoharjo dan tentu saja Wonogiri.

Kereta Batara Kresna
Kereta Batara Kresna
Untuk rute kedua, Kereta Batara Kresna akan mulai perjalanannya dari Stasiun Purwosari pada pukul 10.00 pagi dan sampai di Stasiun Wonogiri pada pukul 11.45 siang. Selanjutnya keberangkatan kedua dari Stasiun Wonogiri akan dilakukan pada pukul 12.45. Menariknya lagi hingga akhir Desember 2015 nanti, tiket untuk menikmati perjalanan dengan Batara Kresna hanya dibanderol dengan harga yang sangat murah, Rp 4.000/orang saja. Hal ini tidak lepas dari subsidi yang diberikan pemerintah dalam rangka pengoperasian kereta Batara Kresna itu sendiri. Nah, cukup menarik untuk dicoba bukan?

Satu lagi yang perlu diketahui, Kereta Batara Kresna memiliki kapasitas penumpang yang cukup banyak lho, 117 penumpang. Jadi jika Anda ingin berpetualang ke Wonogiri dengan budget minimalis, Kereta Batra Kresna dapat menjadi salah satu alternatif yang menarik bukan? Kalaupun tidak mau lelah, sekedar duduk menikmati perjalanan dari Purwosari menuju Wonogiri juga dapat menjadi alternatif wisata yang menarik bukan? Selamat berpetualang bersama Batara Kresna!
Bus rel Bathara Kresna adalah bus rel (rail bus) milik PT Kereta Api Indonesia, yang beroperasi di rute Solo Purwosari-Wonogiri dan merupakan proyek kerja sama Pemerintah Kota Surakarta dengan PT KAI, pada saat Kota Surakarta dipimpin oleh Joko Widodo. Bus rel ini adalah bus rel kedua di Indonesia setelah bus rel Kertalaya di Sumatera Selatan. Bus rel ini diperkenalkan kepada publik pada tanggal 26 Juli 2011, di Surakarta bersama dengan bus bertingkat pariwisata. Bus rel ini mulai beroperasi pada tanggal 5 Agustus 2012 dengan rute Sukoharjo-Solo Purwosari-Yogyakarta Tugu. Karena ada jembatan kereta api yang sedang diperkuat antara Stasiun Pasarnguter-Stasiun Wonogiri, untuk sementara bus rel ini hanya sampai Stasiun Sukoharjo.

Bus rel ini berhenti beroperasi pada sekitar awal tahun 2013 karena rangkaian bus rel yang sering rusak. Bus rel ini dibawa ke pabrik PT Inka di Madiun untuk diperbaiki. Hingga 2015 bus rel ini hanya dikandangkan di dipo lokomotif Solo Balapan sampai pada akhirnya PT KAI memutuskan untuk mengoperasikan kembali bus rel ini. Saat ini bus rel telah beroperasi kembali dengan rute Purwosari-Wonogiri pp dengan rute trayek dua kali sehari.