Minggu, 28 Juni 2015

Rizman persiapan ke Antariksa, ada yg mau ikut ?


Persiapan Rizman Hadapi Perjalanannya ke Antariksa. “Tidak percaya”. Itulah yang dirasakan Rizman Adhi Nugraha, ketika para juri AXE Apollo Space Academy menyebut namanya sebagai salah satu pemenang, yang akan dihadiahi sebuah perjalanan ke antariksa. Dengan begitu, Rizman juga lah, orang Indonesia yang pertama kali akan melakukan perjalanan ke luar angkasa. Rencananya, dia akan terbang bulan Desember akhir tahun ini, atau paling lambat bulan Januari 2016. Hadapi perjalanannya ke antariksa, serangkaian persiapan pun ia jalani. Seperti apa?

Pada waktunya nanti, Rizman akan terbang ke luar angkasa bersama seorang pilot dengan pesawat luar angkasa berteknologi mutakhir berkapasitas dua orang, yaitu XCOR Lynx Mark II. Pesawat luar angkasa ini akan menerbangkan mereka setinggi 103 km dari Planet Bumi sampai ke luar angkasa, dengan durasi perjalanan 60 menit. Durasi perjalanan yang ditempuh memang terlihat sangat singkat. Namun untuk melakoninya, butuh persiapan ekstra. Rizman pun “digodog” dengan berbagai macam latihan yang tidak gampang.

Rizman memang tidak dididik langsung di NASA. Namun beruntung, dia bisa belajar banyak langsung dari master astronot dunia Buzz Aldrin di Florida. Nama yang satu ini adalah pria kedua yang pernah menginjakkan kakinya di bulan setelah Amstrong.
“Di sana sempat bertemu dengan mantan astronot NASA, Buzz Aldrin. Di sana dia cerita dan memberi motivasi,” terang Rizman  di Jakarta, Rabu (24/6/2015).

Tak hanya menimba ilmu dari Buzz Aldrin, untuk hadapi perjalanannya ke antariksa, Rizman juga dibekali berbagai tes fisik yang berat, termasuk ujian untuk menerbangkan pesawat. Disana, Rizman berhasil mengemudikan pesawat Air Combat USA. Bahkan ia menjalani latihan seperti layaknya seorang Astronot dalam Astronaut Assault Course dan membuktikan dirinya bisa mengatasi kekuatan ledakan dalam jenis latihan G-Force Mission di Kennedy Space Center. Rizman juga telah merasakan sensasi gravitasi nol, ketika diangkut dalam pesawat Boeing 727 yang melakukan gerakan parabola. Namun dari serangkaian latihan berat itu, Rizman justru mengaku senang dan sangat menikmatinya.

“Ketika mengikuti program Air Combat Mission, saya menjadi co-pilot pesawat tempur yang melakukan gerakan akrobatik di udara. Anehnya saya sama sekali tidak merasa takut, malah tertawa-tawa. Saya merasa senang seperti naik jet coaster. Di atas pesawat saya malah foto-foto,” cerita Rizman. Lalu, apa misi khusus yang akan Rizman bawa ke antariksa?

Saat ini ia belum tahu misi spesial apa yang akan dibawanya nanti.  Yang jelas, pria berusia 26 tahun ini  bertekad mendokumentasikan semua kegiatannya nanti, agar bisa dibagikan kepada masyarakat Indonesia. “Saya ingin mengharumkan nama bangsa Indonesia dan membanggakan orangtua, serta tanah kelahiran saya, Belitung”. ujar Rizman menutup wawancaranya, kapan2 kita buka lagi wawancaranya ..