Sabtu, 27 Juni 2015

Rentang-waktu berpuasa di berbagai negara.



Indonesia yang terletak di garis khatuliswa memiliki rentang waktu puasa sekitar 13 jam. Namun berapakah rentang waktu puasa di berbagai negara dunia? Paling lama 22 jam, di manakah itu?

Dilansir dari Huffingtonpost, Negara Islandia tepatnya di Reykjavik yang memiliki rentang waktu puasa paling lama yakni sekitar 22 jam. Penduduk muslim di negara yang terletak di kawasan kutub utara ini hanya punya waktu selama dua jam untuk berbuka, melaksanakan tarawih dan sahur.

Berbanding terbalik dengan Islandia, negara yang terletak di ujung selatan yakni Chile tepatnya di kota Punta Aires ini memiliki waktu puasa yang sangat pendek yakni sekitar 9 jam lebih 43 menit. Di sana imsyak baru dimulai pukul 06.30 dan berbuka sekitar pukul 16.30.

Perbedaan waktu puasa ini tak terlepas dari hukum alam yakni miringnya sumbu rotasi bumi yang menyebabkan munculnya 4 musim. Saat ini tepatnya bulan Juni, di daerah kutub utara matahari bersinar terus hampir selama 24 jam yang menyebabkan mereka berpuasa lebih lama.

Begitu juga sebaliknya di daerah kutub selatan, siang justru berjalan sangat cepat sehingga muslim di sana berbuka lebih dahulu daripada negara lainnya. Data yang telah dihimpun menunjukkan bahwa negara-negara yang terletak di utara garis khatulistiwa memang memiliki waktu puasa lebih lama dari negara di selatan khatulistiwa. Contohnya di Amerika Serikat waktu puasa mencapai 16 jam begitu juga di Inggris yang mencapai 19 jam.

Sementara itu Australia yang berada di selatan khatulistiwa berpuasa lebih cepat sekitar 11 jam dan juga di Brasil yang hanya 12 jam. Buat yang tidak tahan berpuasa lebih dari 10 jam, sebaiknya berpuasa di Chile saja ya ..