Minggu, 28 Juni 2015

8 Hewan yang kuat 'puasa'

Makhluk hidup di dunia ini  membutuhkan makanan dan minuman untuk dapat bertahan hidup. Ada beberapa hewan yang tahan untuk tidak makan dalam waktu cukup lama. Minimal ada delapan hewan yang paling kuat "puasa" tidak makan dan tidak minum dan mungkin masih ada lagi yang belum diketahui oleh para peneliti.

Hewan yang kuat puasa
1. Unta. Hewan ini hidup di gurun yang panas ini merupakan salah satu hewan yang mampu untuk tidak makan dan minum dalam waktu yang cukup lama. Banyak yang mengira bahwa punggung unta yang menonjol ke atas berisi banyak air, hal itu merupakan kekeliruan.Meski hidup di gurun pasir yang gersang, pungung unta tidaklah berisi air, melainkan lemak. Lemak inilah yang membantu unta agar mampu hidup hingga 40 hari tanpa makan dam minum, sebab cadangan lemak dipunggung unta akan diolah secara perlahan.

2. Penguin. Jika unta merupakan hewan yang paling kuat bertahan di suhu panas, maka penguin adalah kebalikannya. Hewan yang terlihat menggemaskan tersebut mampu bertahan hidup di daerah yang sangat dingin, bahkan tak jarang penguin mampu beradaptasi dengan suhu hingga minus 10 derajat celcius. Saat musim dingin tiba, penguin jantan bertugas mencari makanan dan penguin betina akan menjaga anak-anak mereka. Di suhu yang dingin sekalipun hewan yang hidup di kutub tersebut mampu bertahan hidup hingga 4 bulan tanpa makan dan minum.

3. Beruang. Beruang merupakan salah satu mamalia yang tergolong ordo carnivora. Di musim dingin, beruang dapat melalukan kebiasaan abadinya yaitu hibernasi atau tidur sepanjang musim dan akan terbangun jika dia merasa lapar. Meski tidak hibernasi sekalipun, beruang mampu bertahan tidak makan dan minum selama 10 minggu atau kurang lebih 3 bulan.

4. Ular. Jenis reptil yang ditakuti banyak manusia ini memang memiliki pola hidup yang unik. Ular hidup dengan mengandalkan suhu. Di suhu dingin, metabolisme tubuh ular akan menurun, hal itulah yang membuat ular dapat bertahan hidup hingga 12 bulan tanpa makan dan minum sedikit pun.

5. Kura-kura galapagos. Kura-kura jenis galapagos terkenal sebagai hewan yang paling panjang umur yang masih bertahan hidup hingga ratusan tahun. Sama seperti ular, kura-kura jenis ini mampu hidup hingga 1 tahun tanpa makan dan minum.

6. Buaya. Reptil yang memiliki tubuh besar dan biasanya hidup diar tersebut memiliki rekor yang sangat mengangumkan dalam menahan untuk tidak makan dan tidak minum yaitu selama tiga tahun. Menakjubkan!.

7. Katak. Katak termasuk hewan yang sangat mudah beradaptasi dengan lingkungan. Saat melalui masa hibernasinya, katak dapat bertahan tanpa makan dan minum selama 16 bulan.

8. Hiu putih. Hewan terakhir yang dapat bertahan untuk tidak makan dan minum adalah hiu. Hewan yang bernafas dengan paru-paru ini memiliki kehidupan yang unik, semakin lama hiu tidak makan dan tidak minum, maka kemampuannya semakin baik dalam memburu mangsa, bahkan dapat bertahan selama dua tahun.