Minggu, 22 Februari 2015

Windows 10


Microsoft akhirnya mengumumkan secara resmi terkait sistem operasi terbarunya. OS ini adalah Microsoft Windows 10 yang juga sempat ramai diperbincangkan publik melalui Twitter saat peluncurannya berlangsung. Ada hal mengejutkan terkait peluncuran ini yaitu dilewatkannya Microsoft Windows 9 yang seharusnya menjadi penerus Windows 8.

Kepala divisi sistem operasi Microsoft Terry Myerson menjelaskan pada acara peluncuran bahwa nama Windows 9 kurang cocok dipakai karena sistem operasi terbarunya ini dinilai paling komprehensif dibanding generasi OS Windows lawas. Sedangkan banyak ahli menyatakan bahwa Microsoft Windows 10 ini akan lebih meyakinkan banyak orang dibanding Windows 8. Hal ini secara otomatis menjadi jawaban yang berhubungan dengan masa depan Windows itu sendiri.

Windows 10
Windows 10 merupakan OS pertama Microsoft yang mendukung integrasi penuh ke berbagai jenis perangkat. Melalui konsep ini nantinya semua aplikasi dapat dinikmati oleh berbagai jenis perangkat  Windows (tablet, smartphone dan PC) dan dapat menjalankan satu aplikasi yang sama untuk semua perangkat. Diluar dari konsep Windows tersebut, Microsoft juga menghadirkan banyak fitur baru pada OS teranyarnya ini. Apa saja fitur tersebut?

Start Menu
Bagi Anda yang sebelumnya memakai Windows 8 mungkin sudah terbiasa dengan tidak adanya tombol Start Menu di bagian bawah kanan layar. Namun jika Anda pengguna Windows 7 sudah pasti menganggap bahwa keberadaan tombol ini sangatlah penting.
Di Windows 10 akhirnya Start Menu kembali hadir membawa fitur yang lebih canggih karena merupakan gabungan dari Windows 7 dan 8. Start Menu kini dibagi menjadi dua bagian, yaitu ikon aplikasi di sisi kiri dan lives tiles di bagian kanan. Selain itu, Start Menu juga sekarang dilengkapi sistem pencarian yang terintegrasi langsung dengan website.

Snap Assistant
Fitur Snap yang sebelumnya ada di Windows 8 juga mengalami peningkatan disini. Di Windows 10, fitur ini akan membantu Anda saat membuka banyak aplikasi dengan memberikan rekomendasi aplikasi terbaik lain untuk dibuka.

Task View

Fitur serupa dengan yang ada di Mac OS X dan Linux ini juga kini diadaptasi oleh Windows. Melalui fitur Task View kini Anda dapat beralih dari desktop satu ke yang lainnya hanya dengan menekan CTRL + V saja.

Universal Apps
Fitur menarik lain yang ditawarkan Windows 10 adalah Universal Apps yang memungkinkan aplikasi dapat berjalan pada semua perangkat Windows yang ada. Anda sekarang dapat menjalankan aplikasi serupa di berbagai perangkat Windows (PC, tablet dan smartphone) sekalipun ukurannya berbeda. Melalui fitur ini pula Anda sekarang dimudahkan untuk sinkronisasi file yang disimpan di OneDrive Cloud juga menikmati program asisten suara, Cortana, yang sekarang telah mendukung 7 bahasa.

Continuum
Fitur lain yang ada pada Windows 10 adalah Continuum yang nantinya akan berlaku pada perangkat hybrid seperti Lenovo Yoga atau Surface Pro. Fitur ini akan memudahkan Anda menggabung tablet dan keyboard sehingga tidak lagi dipusingkan dengan pengaturan manual yang harus dilakukan sebelum menggunakannya.

Kesimpulan

Peluncuran Microsoft Windows 10 memang memberikan jawaban pada publik yang sebelumnya sudah kecewa dengan performa dan lambatnya penanganan Windows 8. Selain itu, OS ini pun akan lebih nyaman digunakan oleh Anda yang memiliki banyak perangkat Windows. Bagi Anda yang sekarang menggunakan OS Windows 7 dan 8.1, Microsoft pun akan segera memberikan layanan free upgrade untuk merasakan OS terbarunya ini. [hs]