Sabtu, 11 Juli 2015

Apakah benar dunia Blogger fenomenal ?

Bagi para blogger yg sudah sukses menghasilkan uang dengan memasang google adsense di blognya tentulah bukan hal mengherankan. Tetapi bagi para pemula, saya yakin banyak menimbulkan keragu-raguan. Berbagai pertanyaan bakal muncul di benak. Bagaimana mungkin hanya dengan ngeblog bisa menghasilkan uang? Bagaimana mungkin hanya dengan memasang iklan dan iklan diklik pengunjung dapat mendapatkan uang, lalu siapa yang akan membayar kita? Plus segudang pertanyaan meragukan lainnya.

Hal ini  menggiring para blogger untuk lebih rajin membaca dan belajar dari orang-orang sukses yang telah menghasilkan uang dari blognya.  Banyak proses yang harus dilalui untuk menuju sukses di dunia blogger. Ketekunan dan pengetahuan sangatlah mendukung dalam hal ini. Ada Blogger yg mulai ngeblog sejak 3 tahun yang lalu tanpa tahu apa itu blog, apa itu HTML dan banyak lagi yang tidak diketahui. Namun, karena mereka dihantui rasa penasaran yang besar maka mereka banyak belajar  tentang dunia blogger. Mulai dari kelayapan dari blog satu ke blog lainnya dan membeli buku-buku yang mendukung hal tersebut.

Hasil dari belajar tidak serta merta begitu saja tampak. Biasanya setelah 3 tahun seorang blogger mengoreksi perjalanan ngeblognya dia akan tahu ternyata dunia blogger sanagat luar biasa. Sedikit demi sedikit hasilnya akan tampak nyata, mereka menjadi lebih tahu banyak tentang dunia blogging meski tanpa ada seorang guru nyata yang membimbingnya. Tak terasa dan tak sengaja si blogger akhirnya membuat lapangan pekerjaan melalui blog dengan memakai blogspot sebagai medianya.

Ternyata jika kita mau belajar maka jawabannya akan ditemui juga ya. Jangan memandang sebelah mata profesi sebagai blogger. Tak sedikit blogger yang dapat menambah penghasilan dari blog yang dikelolanya. Berkelanalah di dunia maya maka kita akan tahu banyak hal tentang orang-orang sukses karena blognya. Percaya tidak percaya, inilah berita yang diambil dari berbagai sumber rekan blogger, hingga tahun 2012 saja ada 10 Blogger berpenghasilan terbesar di dunia, kita simak info di bawah ini:

1. Arianna Huffington
Blog: The Huffington Post, Topik: Politik, Asal Negara: Amerika Serikat
Monetisasi Utama: Pay Per Click (PPC)
Penghasilan: $896.880/bulan (8 Milyard rupiah/bulan)
Biografi: Arianna Stassinopoulos Huffington (62 tahun), adalah blogger perempuan berkebangsaan Amerika Serikat yang lahir di Athena,Yunani pada 1950. Lulusan Cambridge University ini mulai membangun The Huffington Post, sebuah situs berita politik yang menggunakan nama suaminya. Michael Huffington pada tahun 2005. Sejak awal hingga sekarang Arianna menjabat sebagai Founder sekaligus Editor in-Chief The Huffington Post. Puluhan kolumnis-blogger menjadi penulis tetap yang dibayar oleh The Huffington Post. Pendapatan terbesar The Huffington Post diperoleh dari iklan pay per click.

2. Pete Cashmore
Blog: Mashable, Topik: Social Media, Asal Negara: Inggris
Monetisasi Utama: Pay Per Click
Penghasilan: $473.430/bulan (4 Milyard rupiah/bulan)
Biografi: Pete Cashmore (27 tahun), adalah blogger berkebangsaan Inggris yang lahir pada tahun 1985 di Aberdeen, UK. Ia mendirikan Mashable pada saat usianya baru 19 tahun. Saat ini Mashable merupakan salah satu blog dalam niche social media terkemuka di dunia. Pendapatan terbesar Mashable diperoleh dari iklan pay per click (Google Adsense).

3. Michael Arrington
Blog: TechCrunch , Topik: Teknologi/Start-Up, Asal Negara: Amerika Serikat
Monetisasi Utama: Iklan Mandiri
Penghasilan: $444.480/bulan (4 Milyard rupiah/bulan)
Biografi:Michael Arrington (42 tahun), adalah blogger berkebangsaan Amerika Serikat yang lahir di California pada tahun 1970. Ia mendirikan TechCrunch, sebuah blog yang mengulas berita-berita teknologi dan start-up di Silicon Valley pada tahun 2005. Lulusan Stanford Law School yang juga seorang pengacara ini selain menjadi pendiri TechCrunch juga banyak terlibat joint venture. Penghasilan terbesar TechCrunch diperoleh dari iklan mandiri.

4. Peter Rojas
Blog: Engadget, Topik: Teknologi, Asal Negara: Amerika Serikat
Monetisasi Utama: Iklan Mandiri
Penghasilan: $294.480/bulan (2 Milyard rupiah/bulan)
Biografi: Peter Rojas (37 tahun), adalah blogger berkebangsaan Amerika Serikat yang dikenal sebagai pendiri dan rekan-pendiri blog-blog terkemuka di dunia seperti Engadget, Gizmodo dan Joystiq. Lulusan Harvard University (BA) dan University of Sussex (MA) ini mendirikan Engadget pada tahun 2004 dan tetap menjadi Founder meskipun tidak lagi terlibat dalam operasional harian blog berpenghasilan lebih dari 2 Milyard per bulan tersebut. Engadget membukukan penghasilan terbesar dari iklan mandiri.

5. Vitaly Friedman
Blog: Smashing Magazine, Topik: Web Desain dan Development, Asal Negara: Jerman
Monetisasi Utama: Iklan Mandiri
Penghasilan: $191.460/bulan (1 Milyard rupiah/bulan)
Biografi: Vitaly Friedman (27 tahun), adalah blogger dan web designer kelahiran Belarus dan berkebangsaan Jerman. Ia mendirikan Smashing Magazine bersama Sven Lennartz pada tahun 2006 dan tetap mengelolanya hingga saat ini. Smashing Magazine mendapatkan penghasilan terbesar dari iklan mandiri.

6. Collis Taeed
Blog: Tuts+ , Topik: Web Development, Asal Negara: Australia
Monetisasi Utama: Membership Program
Penghasilan: $152.040/bulan (1 Milyard rupiah/bulan)
Biografi: Collis Taeed (37 tahun), adalah blogger dan web designer asal Australia pendiri Tuts+ dan CEO Envato, sebuah jaringan blog dengan puluhan blogger. Hingga saat ini Tuts+ dan Envato merupakan blog tips dan tutorial berbayar dengan jumlah anggota ratusan ribu. Penghasilan terbesar Tuts+ diperoleh dari membership fee.

7. Gina Trapani
Blog: LifeHacker , Topik: Tips/Trik, Asal Negara: Amerika Serikat
Monetisasi Utama: Iklan Mandiri
Penghasilan: $144.630/bulan (1 Milyard rupiah/bulan)
Biografi: Gina Trapani (37 tahun), adalah blogger dan penulis berkebangsaan Amerika Serikat yang lahir di Brooklyn, New York pada tahun 1975. Ia mendirikan LifeHacker, sebuah blog tentang tips-tips bekerja secara efektif dan efisien pada tahun 2005. Oleh majalah Fast Company, Gina mendapat penghargaan prestisius sebagai The Most Influential Women in Technology pada tahun 2009 dan 2010. Meskipun tidak lagi terlibat secara langsung dalam pengelolaan LifeHacker, Gina masih menjadi Founder blog tersebut. Penghasilan terbesar LifeHacker diperoleh dari iklan mandiri.

8. Mario Lavandeira

Blog: PerezHilton, Topik: Selebritas, Asal Negara: Amerika Serikat
Monetisasi Utama: Iklan Mandiri
Penghasilan: $109.350/bulan (1 Milyard rupiah/bulan)
Biografi: Mario Armando Lavandeira, Jr (35 tahun), adalah blogger berkebangsaan Amerika Serikat keturunan Cuba yang lahir pada tahun 1978. Ia mendirikan PerezHilton, sebuah blog berita dan seluk-beluk dunia selebritas pada tahun 2004. Nama PerezHilton sendiri terinspirasi dari nama selebritas terkenal Amerika Serikat, Paris Hilton. Lulusan New York University ini sampai sekarang masih aktif mengelola PerezHilton.com. Ia juga mendirikan label musik indie bernama Perezious Music. Penghasilan terbesar PerezHilton diperoleh dari iklan mandiri.

9. Nick Denton
Blog: Gizmodo, Topik: Gadget, Asal Negara: Inggris
Monetisasi Utama: Iklan Mandiri
Penghasilan: $117.540/bulan (1 Milyard rupiah/bulan)
Biografi: Nick Denton (46 tahun), adalah blogger dan wartawan berkebangsaan Inggris yang lahir pada tahun 1966. Selain menjadi rekan-pendiri Gizmodo, sebuah blog seputar gadget, Nick juga merupakan pendiri Gawker Media, sebuah perusahaan online media. Lulusan University College, Oxford ini kini tinggal di New York dan masih turut mengelola jaringan blog yang tergabung dalam Gawker Media. Gizmodo mendapatkan penghasilan terbesar dari iklan mandiri.

10. Darren Rowse
Blog: Problogger, Topik: Tips Blogging, Asal Negara: Australia
Monetisasi Utama: Iklan Mandiri
Penghasilan: $52.530/bulan (500 Juta rupiah/bulan)
Biografi: Darren Rowse (40 tahun), adalah blogger kelahiran Melbourne, Australia pada tahun 1972 yang dikenal luas sebagai salah satu pionir make money from blogging. Ia mendirikan Problogger.net pada tahun 2002, berawal dari sekedar iseng dan berkembang menjadi sebuah blog yang dirujuk oleh banyak blogger di seluruh dunia. Selain itu Darren juga menulis buku "ProBlogger: Secrets for Blogging Your Way to a Six Figure Income". Penghasilan terbesar Problogger diperoleh dari iklan mandiri.

Semoga secuil info di atas sanggup memotivasi kita  menjelajah dunia blogger. Selamat mencoba !!