Jumat, 17 Juli 2015

5 Manfaat dari Power Nap (Tidur Singkat)

Power nap atau  Tidur singkat bertenaga adalah tidur dalam waktu singkat dengan memutus tidur sebelum masuk ke dalam fase tidur lelap atau Slow-wave sleep (SWS) yangbertujuan untuk memulihkan kesegaran (revitalisasi) tubuh dalam waktu singkat.Istilah ini diperkenalkan oleh James Maas seorang Psikolog sosial dari Cornel University.

Power nap ini adalah tidur siang singkat, umumnya 20 menit, yang dilakukan di sela-sela kegiatan. Dengan melakukan power nap, otak dan tubuhbisa beristirahat sambil mengisi ulang energi. Sehingga saat bangun kita merasa lebih segar, semangat, dan berenergi.Tidur siang banyak sekali manfaatnya buatotak dan tubuh, terlepas dari berapa pun umur kita. Untungnya, tidur siang yang baik itu ternyata tidak harus berjam-jam. Justru lebih efektif melakukan powernap.

Keuntungan dari Power Nap (Tidur Singkat)

1. Memperbarui Mood. Kurang tidur atau kelelahan bikin kita jadi sensitif, aliasgampang marah atau tersinggung. Power nap membantu tubuh mengumpulkan energipositif  sehingga perasaan jadi lebih tenang dan ceria.

2. Menurunkan Hormon Stress. Power nap membawa relaksasi bagi tubuh dan otak sehingamengurangi tekanan yang dirasakan. Rutin melakukan power nap bisa menurunkanhormon stres dalam tubuh.

3. Mengurangi Kantuk Berlebih. Penelitian NASA membuktikan power nap bisa mencegah bahkanmenghilangkan rasa kantuk berlebihan yang muncul akibat kurang tidur ataukelelahan. Jauh lebih baik daripada minum kopi atau minuman berkafein lainnya.

4. Meningkatkan Stamina. Tidur selama 20 menit setelah kita terbangun selama delapanjam, lebih efektif memberikan energi untuk meningkatkan stamina dan daya tahantubuh, dibandingkan menambah waktu tidur 20 menit di pagi hari.

5. Meningkatkan Daya Berpikir Kreatif. Penelitian NASA membuktikan, tidur siang selama 30 menitbisa meningkat kemampuan berpikir sebanyak 40 persen, sedangkan tidur siangselama 20 menit cukup bagi otak mengumpulkan energi untuk memperbaikineuron-neuron otak sehingga bisa bekerja lebih efektif. Hasilnya kita jadilebih waspada, berpikir lebih jernih, meningkatkan ingatan dan kemampuanmemecahkan masalah. Otak pun jadi bekerja lebih efektif saat belajar ataumenerima informasi baru. Termasuk meningkatkan daya berpikir kreatif sehinggamuncul ide-ide baru.
Tidur singkat ini bisa menjadi sarana lebih bagi anda yang kekurangan tidur.Namun alangkah baiknya tidurlah sesuai kebutuhan anda. (hs)