Sabtu, 21 Desember 2019

OTAK BAWAH SADAR (Bagian 3)

Upaya Membentuk / Memformat Alam Bawah Sadar

Alam bawah sadar bukanlah sesuatu yang paten namun sebenarnya dapat dibentuk melalui tahapan- tahapan dan cara tertentu. Sebagaimana penjelasan sebelumnya, alam bawah sadar meru­pakan sebuah database raksasa yang memiliki sistem operasi yang paling canggih. Namun, alam bawah sadar juga sama seperti sebuah sistem komputer yang rentan terhadap serangan virus. Virus yang bisa merusak alam bawah sadar adalah perasaan takut, panik, emosi yang berlebihan, trauma, dan perasaan negatif yang lain. Langkah untuk menye­lamatkan alam bawah sadar dari virus tersebut adalah selalu bersikap dan berpikir positif dan memiliki rasa percaya diri yang tinggi.

Meski demikian, bukanlah perkara mudah mem­bangun sikap dan pikiran untuk selalu positifdan rasa percaya diri. Langkah yang harus dilakukan adalah dengan cara meyakinkan diri sendiri dengan selalu mengucapkan bahasa yang positif. Misalnya, "saya bisa", "saya berani", dan "saya mampu".
Jangan pernah  sekali­kali mengucapkan hal2 yang justru akan menjadi virus alam bawah sadar seperti ungkapan "saya bisa, tapi...", "dia lebih baik dari saya", atau kalimat "apakah benar saya bisa?". Kalimat-kalimat tersebut akan menjadi virus yang merusak alam bawah sadar  Anda.
Lalu, bagaimana agar pembentukan alam bawah sadar kita lebih cepat terjadi? Jawabannya adalah dengan membangun rasa percaya diri, perasaan nyaman dengan diri sendiri, bahagia, dan bayangkan apa yang ingin kita raih. Jika hal tersebut dilakukan secara kontinyu dan konsisten, dapat dipastikan alam bawah sadar akan menuntun kita menuju kesuksesan. Namun, kita tidak boleh menga­baikan emosi yang harus dipertahankan di setiap aktivitas.
Ketika kita menginginkan untuk menciptakan sebuah rasa bahagia, buatlah sebuah keinginan yang besar tentang sesuatu yang kita inginkan untuk terwujud. Untuk membangkitkan alam bawah sadar, kita dapat membayangkan dan merasakan apa yang kita inginkan. Rasakan dengan sejelas-jelasnya bahwa Kita telah berhasil mewujudkan keinginan Anda. Kemudian serahkan, pasrahkan, dan sandarkan seluruhnya kepada Tuhan Yang Maha Esa dengan tetap selalu diiringi doa. Setelah itu, akan ada jalan yang melintas dalam pikiran tentang bagaimana mewujud­kannya. Sebuah solusi yang lahir setelah proses membayangkan dan merasakan apa yang kita inginkan adalah sebuah jawaban dari alam bawah sadar, yang kemungkinan besar akan menuntun Kita pada sebuah kesuksesan yang Kita inginkan.
Berikut ini adalah klasifikasi pikiran manusia :

Pikiran sadar: Menguasai informasi, Berpikir berurutan, Logis, Linier, Berpikir, Pengalaman sekunder, Sadar, Gerakan sadar, Masa kini, Mencoba mengerti masalah, Memilih/mengarahkan tujuan, Disengaja, Verbal, Analitis, Fokus terbatas, Kognitif, Memproses sesudah kurang lebih 0,5 detik

Pikiran bawah sadar: Menguasai 2,3 juta bit informasi, Simultan/bersamaan, Intuitif dan menghubungkan, Sibernetik/acak, Merasa, Pengalaman primer, Tidur/mimpi dll, Gerakan tak sadar, Menyimpan informasi/memori, Mengetahui solusi, Membuat tujuan tercapai , Otomatis, Non-Verbal, Sintetik, Tak terbatas dan meluas, Eksperiensial, Memproses langsung sebelum pikiran bawah sadar menyadari.



Dari klasifikasi di atas, dapat ditarik satu kesim­pulan bahwa alam bawah sadar adalah proses mental yang berfungsi secara otomatis, sehingga Kita seakan tidak menyadarinya. Dengan kata lain, alam pikir bawah sadar merupakan alam pikir spontanitas yang menggerakkan sesuatu di luar indra materi Kita (kelima indra). Oleh karena itu, proses ini disebut juga sebagai indra keenam, sebutan lain dari alam bawah sadar.
Intinya, alam sadar adalah alam yang kita sadari. Biasanya, bersumber dari sebuah pengalaman atau hal­hal yang bisa diterima dengan akal sehat kita. Sedangkan alam bawah sadar adalah suatu pemikiran di luar logika, hal yang tidak diketahui sebelum melalui proses pengalaman, hal yang tidak pernah terpikirkan sebelumnya, misalnya: mimpi, lupa dll.
Pikiran layaknya koin uang yang memiliki dua sisi. Setiap manusia diberi karunia  pikiran yang terdiri dari pikiran sadar dan bawah sadar. Pikiran sadar adalah proses mental yang bisa Kita kendalikan dengan sengaja. Di titik ini, Kita hanya bisa mengaktifkan kelima indrawi Anda. Setelah ini kita akan melihat bagaimana kekuatan yg dimiliki oleh Alam Bawah Sadar ..

Baca juga :

OTAK BAWAH SADAR (Bagian 4)
OTAK BAWAH SADAR (Bagian 2)