Sabtu, 16 April 2016

Pusaka Keris Semar

Sosok Semar adalah salah satu tokoh dalam mitologi kejawen yang dianggap sebagai bapak kehidupan. Semar menjadi perlambang tentang pelajaran hidup bagi semua umat manusia melalui beberapa filosofi yang dimilikinya. Sebagai pembimbing, semar juga diyakini memiliki kekuatan supranatural yang luar biasa. Hubungannya yang langsung bersentuhan dengan manunggaling kawula lan gusti membuat sosok ini dipandang mempunyai kesaktian magis yang begitu dahsyat.


Kesaktian magis yang dimiliki sosok semar membuat banyak orang kagum sehingga menjadikan Semar sebagai simbol jati diri dan kepribadian masyarakat Jawa yang asli. Dalam perkembangannya, sosok semar yang lahir bahkan sebelum masuknya Hindu Budha ke Indonesia ini juga diwujudkan dalam banyak mitos dan mitologis. Ada beberapa jenis pusaka Keris Semar seperti di bawah ini.

1. Pusaka Keris Semar Mesem. Pusaka ini dianggap sebagai satu benda bertuah yang dapat digunakan untuk sarana pengasihan dan pelet. Bentuk keris ini tak seperti keris pada umumnya. Ia lebih pendek dan melebar. Adapun banyak orang yang percaya jika benda satu ini memiliki banyak sekali kegunaan. Kegunaan keris semar mesem tersebut selain sebagai sarana pengasihan dan pelet, juga diyakini bisa digunakan sebagai pengangkat kewibawaan, penglaris dalam berdagang, serta sebagai pembuka aura dan kharisma.



2. Pusaka Keris Semar Kuning. Pusaka semar kuning merupakan sebuah keris yang terbuat dari bahan tembaga atau kuningan yang berwujud menyerupai sosok semar yang tengah memberi wejangan. Sama seperti keris semar mesem, pusaka keris semar kuning juga biasa digunakan sebagai sarana pengasihan dan pelet. Akan tetapi, pusaka satu ini sudah banyak sekali tiruannya. Ada harus berhati-hati dan mengetahui ciri-ciri keris semar kuning asli agar tidak terjebak dengan membeli keris palsu yang tidak memiliki kegunaan sama sekali.


3.Pusaka Keris Semar Kuncung. Pusaka ini merupakan pusaka yang berwujud keris. Perbedaa keris pusaka ini dengan jenis keris semar lainnya terletak pada kuncung rambut semar yang terletak di ujung keris. Seperti halnya keris semar lainnya, keris semar kuncung juga digunakan sebagai media dalam ilmu pengasihan dan pelet. Semar kuncung kadang kali juga dapat digunakan sebagai sarana pengobatan untuk beragam penyakit yang disebabkan oleh ilmu santet atau tenung.


4.Pusaka Semar Lungguh. Pusaka ini terbuat dari keramik atau logam yang berwujud seperti sosok semar yang tengah duduk bersemedi. Keberadaan pusaka semar lungguh saat ini sangat langka. Banyak orang mencari dan bersedia membayar dengan harga tinggi untuk sebuah pusaka ini, mengingat pusaka semar lungguh memang diyakini memiliki banyak sekali kegunaan misalnya sebagai sarana untuk membuka aura personal, meningkatkan kualias diri supaya selalu berada dalam koridor kebaikan, memberikan ketentraman rohani dan ketenangan batin, serta sebagai sarana untuk membuat pasangan lebih setia.