Selasa, 19 April 2016

Ketidak jujuran di Indomaret ?

Sangat bermanfaat Pengalaman yg diposting 27 hari yang lalu dari
Sahabat semuanya Tentu pernah Belanja di indomaret kan???
Mudah-mudahan ini dapat jadi pelajaran untuk kita semuanya....

Harga beda : beda harga pada price tag dengan POS (Point Of Sales) kasir
Indomaret A : IDM A
Indomaret B : IDM B
Indomaret C : IDM C
IDM A, B, C, D adalah gerai yang tidak sama tempat namun, tetaplah dalam satu kota



Ini yang beberapa kalinya saya berbelanja di IDM, namun akhir " ini saya tidak lebih enjoy dengan apa yg diperbuat IDM, khususnya pada pelanggannya, Kenapa?


TKP IDM A. Saya berbelanja ditempat itu, berniat hanya 1 item, tentunya saya telah pastiin price tag ama barang yg dibeli, adalah sama, sampai di kasir nah lho kok harga nya beda selisih sampai 1000 rupiah, dalam hati saya sepertinya salah lihat deh harga nya, okelah nextime lebih jeli saja.. (masihlah prasangka baik, mungkin saja saya yg tidak lebih cermat)

TKP IDM B.  Seperti umum sebelumnya berbelanja saya pastiin price tagnya, ama barang pas, nah kebetulan ada tag promo selain tag harga, hanya ada tulisan beli 1 gratis 1 namun ada yg saya photo promonya (1 botol + 1 botol = 1botol) sesaat saya fikir yg bener mana nih, jika semuanya pasti sepakat jika yg disebut adalah beli 2 gratis 1 ya tidak coz fotonya gitu, namun mengapa tulisan promo tagnya beli satu gratis satu, okelah mungkin saja yg bener adalah tulisan promo tag, pada akhirnya saya beli 1 botol dengan harapan dapet gratis 1, nyatanya sampai kasir.. eng ing.. eng, tidak dpt gratis oooaaalaaahhh, sedih.

TKP IDM C : week end umumnya paling tidak sedikit pengunjungnya, namun ada yang salah cocok saya beli di sana, ada beragam barang yg tidak ada price tagnya, saya fikir ooo mungkin saja lagi di print harga baru kali (note : h-1 saya ke sana tetaplah inget item yg saya beli tetaplah terdaftar harga nya), okelah saya beli brg yg sama sejenis kemaren, hari ini tidak ada price tag di sana, apa yg berlangsung sampai kasir? kenyataannya sampai sana harga nya lebih mahal dari kemaren, selisih di atas 500 rupiah, aspek ini (item barang tanpa ada price tag) jalan pada saat kian lebih 2hari (apa iya hanya print price tag, butuh saat pada saat itu).

TKP IDM D. kejadian persis ada di TKP IDM A, hari ini sebab saya lagi badmood, (tentunya tetaplah dengan asumsi saya orangnya teliti-baca TKP A), sampai di kasih kenyataannya harga nya beda lagi ama yg di price tag, apesnya saya bw uang pass lagi, wah kalu gitu tidak lebih nih bayarnya (dalam hati), segera saja saya nyeletuk " mbak kok harga nya beda ama label harga di rak-nya " kaget kyknya tu kasir, eee jadi bertanya teman kasir satunya?, sembari ngomong sendiri " mungkin saja ada potongan, ya.. sembari teliti depan mesin kasir... " oooya mas ada potongan xxx rupiah " ngomong dengan entengnya dengan gunakan muka tidak bersalah..... saya segera cabut.

TKP IDM A to D.TKP IDM A namun gunakan trick di TKP IDM D ; saya tetaplah penasaran, mungkin saja lg error mesin di kasir, okelah saya praktekin di IDM A (baca permasalahan IDM A), apa yg berlangsung terjadi, akhirnya adalah sama persis dengan peristiwa IDM D, price tag ama harga di POS kasir (point of sales) beda... B. E. D. A, sejenis umum saya gunakan panduan di IDM D, namun hari ini kasirnya segera saksikan ke rak-harganya and kenyataannya harga nya dapat dibuktikan saya yg bener.

ANALISIS 
1. Bagaimana mungkin saja system POS (point of sales) pada satu gerai dengan gerai lain bisa salah semuanya (dalam persoalan ini POS tidak automatis mengurangkan ada potongan harga item spesifik), dengan hal tersebut Pembelilah yang dirugikan coz jika kamu tidak memprotes ada beda price tag ama item, kasir tidak bakalan nge-cek manual ke system. system/human IDM yg error dengan kata lain dapat dibuktikan berniat " di buat " sekian, dengan jargon " MURAH dan HEMAT ".

2. Item yg dibiarkan kosong price tagnya sampai tempo hari hari adalah tidak lumrah (menurut saya), ini adalah panduan yg digunakan IDM untuk memperoleh kan keuntungan sebentar denga jumlah besar, dengan mekegunaaankan even di mana pengunjung biasanya paling tidak sedikit (weekend), mereka dengan mudahnya menyetting harga, dengan posisi buyer yg " pasrah " saat mereka tidak tau harga brg yg mereka beli. (dalam fikiran mereka pasti me-refers, ke harga tempo hari namun apa daya sampai kasir mereka harus membayar lebih, dan tulah yg saya alami)

3. Tidak sedikit promo yg menyesatkan di IDM (baca : persoalan IDM B), belum lagi jika di gabungkan dengan panduan " harga beda " ala IDM = menjanjikan keuntungan besat kurun waktu singkat, terlebih dengan jumlah gerainya sampai 6. 000, cobalah anda pikirkan selisih " beda harga " 1. 000 rupiah saja untuk 1 item barang dalam satu hari dapat bisa " uang kaget " = 1. 000 rupiah x 6. 000 gerai = 6. 000. 000/item/gerai/hari.

4. Alasan tidak masuk akal ; dalam persoalan IDM D, dengan entengnya kasir ngomong, " potongan yang belum di kurangkan ", saya tidak meyakini orang yg berbelanja di belakang antrian saya dapet " perlakuan " yg sama (pengurangan harga dari potongan yg belum dimasukkan).

5. Penempelan price tag tak pada tempatnya ; ini yg bikin buyer " tertipu " dengan harga terjangkau, terlebih yg beli dalam jumlah banyak akan tidak ingat dengan price tagnya satu-persatu.

TIPS BELANJA DI IDM

1. Yakinkan anda cermat sebelumnya beli item (teliti price tag = item), jika perlu tulis gunakan note (gunakan ponsel/smatphone)

2. Yakinkan miliki nyali untuk menyapa kasir jika terasa ada yang salah dengan price tag yang tidak sama dengan item dengan kata lain anda akan menajadi bln. " an IDM

3. Jika tidak lebih senang dengan silahkan buat SURAT TERBUKA.

Semoga pengalaman ini dapat bermanfaat untuk berhati hati bila belanja di Indomaret ..

Sumber : https://plus.google.com/101718472431838337572

Tidak ada komentar: