Sabtu, 18 Juni 2016

Waktu Puasa Wajib Umat Islam di Dunia


😔 Umat Islam di seluruh dunia di bulan suci Ramadhan ini sedang menjalankan ibadah puasa wajib selama 1 bulan. Umat Islam yg berada di tempat berbeda, lamanya berpuasa berbeda pula,  di Indonesia rata2 kita berpuasa kl. selama 13 jam.

📱Berita di laman Khaleej Times, Rabu, 8 Juni 2016, Swedia dan Denmark merupakan negara yang mengalami waktu puasa terpanjang. Sedangkan negara yang menjalankan ibadah puasa tersingkat adalah Argentina dan Australia, di mana waktu puasanya tidak lebih dari 10 jam.

📱Sedangkan umat Islam di Denmark, Islandia, Swedia dan Norwegia adalah negara yang merasakan jam puasa terpanjang di dunia yaitu, 20 sampai 21 jam. Hal ini disebabkan wilayah negara tersebut sedang mengalami musim panas dan matahari terbit dalam waktu yang lebih lama.

📱Puasa di Belanda dan Belgia berlangsung selama 18 jam 30 menit. Diikuti dengan 17 jam puasa di Spanyol dan 16 jam di Jerman. Sementara tahun ini, Inggris mengalami puasa terpanjang dalam 33 tahun terakhir, yaitu sekitar 16-19 jam, tergantung wilayah geografisnya.

📱Di wilayah Timur Tengah, Muslim di Uni Emirat Arab waktu puasa yang ditetapkan selama 15 jam. Di Yaman dan Qatar, masyarakat harus berpuasa selama 14 jam.

📱Berbeda dengan negara-negara di benua Eropa yang sebagian besar menjalankan ibadah puasa dengan waktu yang cukup panjang, Argentina dan Australia justru menjalankan ibadah puasa dengan waktu relatif singkat. Di Australia, umat Muslim berpuasa hanya selama 10 jam. Di Argentina lamanya berpuasa dalam sehari hanya 9 jam 30 menit saja.