Kamis, 13 Agustus 2015

Siapa Sosok Pria dalam Iklan dan Bungkus Rokok ?

Setiap mau merokok seperti ada yang mengganjal di benak saya, ada sesuatu yang terkesan horor !! Kesel juga sih, kenapa di setiap iklan dan bungkus rokok favorit saya dia selalu ada bersama dua tengkorak ?



Jadi dengan sangat terpaksa mematuhi hasil survei dan himbauan pelawak Cak Lontong "Buat para perokok jangan takut mati karena pasti ada korek, jadi kalau rokoknya mati tinggal nyalahin lagi pake korek" hahaha ..

Bayangkan, setiap mau memegang bungkus rokok, ada bayangan 2 tengkorak yang bersliweran di sekitar seorang perokok berkumis, saya sekarang gak berkumis tebal tapi tetap aja ada perasaan miris. Setelah dikonfirmasi ke mbah Google ternyata si perokok bukan orang Indonesia, apalagi orang Ambon atau Batak, wajar saja karena penampilannya begitu berwibawa, wiiii bawa tengkorak ..

Selama ini sahabat ada yang curiga dengan sosok itu enggak ? Semoga tidak ada yang was-was jangan2 dia masih famili dll., atau ada seribu pertanyaan yang ujung2nya mengarah ke pertanyaan siapa sih sebenarnya sosok pria yang ada dalam iklan dan bungkus rokok? Ternyata dia bukan orang Indonesia, melainkan orang Thailand.

Apakah dia memang korban rokok sehingga diabadikan sebagai peringatan bagi para perokok? Apakah dia pemilik perusahaan rokok? Ataukah dia pencetus pertama bahaya rokok? Mungkin masih banyak pertanyaan lain yang mungkin muncul dalam diri kita. Pasalnya di kebanyakan bungkus rokok, pria yang menghisap rokok dengan santai ditemani dua tengkorak ini pasti akan selalu ada. Sekilas, wajah pria yang ada dalam iklan dan bungkus rokok ini terlihat seperti orang Indonesia. Tapi ternyata yang beranggapan seperti itu salah, karena dia adalah orang Thailand.

Infonya saya dapat dari situs rocketnews24, Negara Thailand sejak dulu memang terkenal gencar memerangi rokok. Pemerintah setempat tak segan-segan menggelontorkan dana yang melimpah untuk membuat iklan bahaya merokok, salah satunya dengan gambar pria yang ada dalam bungkus rokok Indonesia.

Tidak dijelaskan dengan gamblang siapa pria tersebut, apalagi menyebut namanya. Namun dalam gambar itu terdapat tulisan aksara Thai. Hal itu membuktikan bahwa gambar bungkus rokok Indonesia diambil dari iklan Thailand. Tertulis iklan Thailand tersebut sudah muncul sejak tahun 2012, sementara gambar pria itu muncul di Indonesia mulai tahun 2014.
Semoga tidak penasaran lagi seperti saya sebelum ini yaaa ..