Sabtu, 01 Agustus 2015

Tips mengatasi kegalauan pikiran

Tidak dapat dipungkiri bahwa kita semua mendambakan kehidupannya yang sukses dan bahagia. Namun tak dapat disangkal bahwa hidup ini penuh dengan dinamika seperti ombak di lautan, berbagai kejadian hidup bergulir terus seperti roda yang terus berputar.

Saya sangat mengapresiasi/ menghargai keluhan lewat inbox dan postingan di arena grup facebook tentang masalah ini dari sahabat yang kebetulan sedang mengalaminya, semoga tips pengalaman pribadi saya ini dapat sebagai bahan pertimbangan mengatasi masalah mental dan pikiran yang sedang dilanda kegalauan atau pun kesedihan yang seolah-olah tidak jelas ujung dan pangkalnya ..



Kita sesungguhnya telah mengetahui bahwa menjalani kehidupan di dunia ini berbagai permasalahan itu akan muncul apakah sifatnya ringan, sedang ataupun berat. Kita hidup di bumi ini rasanya tak mungkin luput atau lepas dari permasalahan hidup. Orang bijak mengatakan " orang yang tidak punya masalah justru itulah masalahnya".

Berat ataupun ringannya permasalahan yang dihadapi setiap orang, itu semuanya tergantung dari cara pandang serta cara menyikapinya dengan perbedaan pola pikir dan pengetahuan yang dimiliki untuk menyelesaikan masalah yang sedang dihadapi. Inilah dinamika keindahan hidup, masalah bukan saja membuat seseorang jadi frustasi dan stress, namun kalau disadari justru dengan adanya masalah dan mampu mengatasinya kita akan dibuatnya semakin mengalami kemajuan hidup. Cobalah sadari bahwa datangnya permasalahan itu adalah sesuatu yang wajar selama kita masih hidup.

Bagi mereka yang menyadarinya tentunya akan dapat mengurangi frustasi dan mereka yang lebih tinggi lagi kesadarannya malahan menyambut masalahnya dengan senyuman .. mereka anggap masalah adalah seni dalam kehidupan .. adalah sesuatu yang keindahan mewarnai kehidupannya.

Nah bagaimana kalau masalah itu datang sedangkan kita kita pada umumnya kurang mampu menganggap sebagai suatu seni apalagi keindahan, cobalah terapkan beberapa hal dibawah ini:

Mensugesti diri dengan menyebutkan dalam hati kata "Masalah, masalahhhhhh...masalah INI menimpa saya...ini bukan masalah tapi tantangan saya, ya .. ya.. ini tantangan hidup saya.. saya suka tantangan hidup .. saya mampu mengatasinya.. saya ubah kata MASALAH jadi TANTANGAN". Persepsi antara kata masalah akan berbeda kesannya dengan kata tantangan walaupun cara menanganinya serupa.

Bila kata masalah ditekankan dalam hati secara tidak sadar emosi negatif kita seperti marah,jengkel,menyesal,rasa bersalah,kawatir,takut dan emosi sejenisnya akan dibuatnya naik sebaliknya energi akan menurun, dan kata tantangan akan membuat emosi positif yang naik dan energipun akan naik.Jadi dalam hal ini berusalah mengubah emosi kita dengan mengubah kata tersebut sehingga persepsi emosi kita akan ikut berubah.

Isilah tubuh dengan energi dengan cara lakukan pernafasan yang dalam. Tarik nafas sedalam-dalamnya melalui hidung kemudian keluarkan nafas melalui mulut sambil menyuarakan kata " ahhhhhhh"...."uhhhhhhhh", bergantian setiap mengeluarkan nafas. Lakukan 5-9 siklus pernafasan, dan saat melakukan pernafasan terakhir sambil mengeluarkan nafas ucapkan" emmmmmmmmmmm"

Berjalanlah mondar-mandir di ruang tamu atau atau yang lebih luas minimal sebanyak 6 langkah sekali jalan, Dalam keadaan itu fokuskan pikiran untuk menghitung dan memperhatikan gerakan kaki saja atau rasakan dan sadari saja setiap melangkahkan kaki, jangan biarkan pikiran lain masuk saat ini. Lakukan minimal 5 kali putaran.

Duduk santai dan berusaha diamkan diri selama minimal 5 menit.. Selanjutnya biarkan masalah itu muncul dalam pikiran dan jadikan diri sebagai PENGAMAT saja.. biarkan kilasan pikiran berloncatan kesana kesini .. bila tak mampu rasanya menahan beban saat itu "menangislah"..biarkan air mata menetes ke luar namun jangan ditelan kembali bila memasuki bibir. Air mata ini adalah air kepedihan, kesedihan, ketidak berdayaan, ketakutan inilah sesuatu energi negatif yang mengalir keluar bersama air mata !


Setelah selesai menangis tersenyumlah sambil berusaha tumbuhkan pikiran positif, pikirkan yang membuat hati senang, yang menggembirakan.. membahagiakan.. tumbuhkan sesuatu yang membanggakan diri, misalnya: Oh ternyata saya masih bisa berinteraksi dengan sahabat2 saya di grup FB ini. Sekarang berikan pikiran makanan yang lezat dan bergizi, jangan berikan racun kekawatiran dan ketakutan.. siapkan diri menghadapi masalah yang sedang dihadapi katakan saja dalam diri" apapun yang terjadi saya siap, saya tak malu, saya tak takut, saya takkan mati".. dan bangkitlah.. berdiri,, tegapkan badan dan kerjakan sesuatu yang dapat dikerjakan saat itu selesaikan masalah yang sedang dihadapi dengan satria.

Selamat berjuang memerangi perasaan tidakbahagia.. percayalah bahwa semua kejadian dalam hidup ini tidak ada yang terjadi secara kebetulan, semuanya sudah diatur oleh Tuhan YME. Kita hanya cukup menjalani hidup ini sesuai takdir dan nasib yang telah digariskan dengan sebaik-baiknya dan bijaksana !!


Sumber : Postingan di grup fb BS Indigo Indonesia