Jumat, 06 Mei 2016

Selingkuh (2)

Sebelumnya : Selingkuh (1)


Dari hasil penelitian ginekolog dan konsultan seks Boyke Dian Nugraha pada seminar bertema “Love, Sex and Harmony” di Jakarta beberapa waktu yang lalu, ternyata 26-30 persen kasus perselingkuhan disebabkan kehidupan seksual yang tidak memuaskan.

Kehidupan seksual yang tidak memuaskan bisa ditandai dengan pernyataan, “Aduh dok, istri saya itu solo. Datang-datang langsung buka baju, kayak kambing guling aja,” kata Boyke. Padahal, kata Boyke, pasangan perlu mengetahui teknik-teknik berhubungan seks sehingga tidak langsung ‘tancap gas’. Bila ini menjadi kebiasaan maka akan menjadi bumerang bagi pasangan. Perselingkuhan pun bisa jadi solusi untuk itu. Sekurangnya ada 8 alasan kenapa pasangan selingkuh:
  • Pelarian emosional dari pasangannya.
  • Rasa ingin tahu tentang seperti apa seks dengan orang lain yang bukan pasangannya. Semuanya itu bermula dari rasa penasaran akan apa yang ada di balik itu (maksudnya di balik celana dalam pria). “Bagaimana sih rasanya bercinta dengan pria kulit hitam karena suaminya berkulit putih,” Boyke mencontohkan.
  • Kemarahan atau permusuhan yang terpendam dengan pasangannya.
  • Keinginan untuk merasakan lebih banyak seks atau jenis seks yang berbeda dari yang didapat dari pasangannya.
  • Dorongan ego.
  • Ketidakmampuan membentuk komitmen yang dalam.
  • Menghindar dari masalah perkawinan atau pribadi.
  • Untuk menghilangkan rasa sakit akibat kehilangan, sebagai contohnya, kematian orang yang dicintai atau anak yang pergi sekolah ke tempat lain.
Ketika pasangan menyadari adanya persoalan di atas, sebaiknya menyadari secepatnya. Lalu apakah berani pasangan membuka diri dan menjalin komunikasi yang sehat untuk mengemukakan persoalan secara terbuka. Jika tidak, maka pintu gerbang perselingkuhan, yang adalah hubungan seksual di luar pernikahan resmi, akan terbuka lebar.

Menghadapi pasangan yang terbukti selingkuh memang gampang-gampang susah, berlaku kasar dan terus-teruan marah kepada pasangan Anda hanya akan memperburuk keadaan. Namun, jika didiamkan perilakunya maka kita yang malah akan terus menerus tersakiti. Nah, untuk menghadapinya, berikut Sharing di Sini 5 Cara menghadapi pasangan anda yang selingkuh. Sebaiknya lakukan secara berurutan mulai dari tahap pertama sampai tahap terakhir.
  • Tanya dan Tatap matanya. Jangan menunduk karena takut, dia yang seharusnya merasa takut dan malu kepada Anda. Sampaikan semua yang ingin anda katakan tanpa harus merasa melu atau terintimidasi. Saat mengungkapkan semua tanya dan melihat penjelasannya, tatap matanya. Karena mata tidak pernah bohong. Jangan sisakan sedikitpun, tumpahkan semua perasaan dan segenap beban dari dalam hati dan pikiran agar dia mengerti benar terhadap apa yang anda rasakan sekarang ini. Namun, sebaiknya kendalikan emosi Anda.
  • Dengarkan Alasannya. Saat anda meminta penjelasannya, coba tanyalah, apa yang menyebabkan ia berselingkuh. Jika Anda pasangan suami isteri sebaiknya, jadikan “noda dalam hubungan” Anda dan pasangan ini menjadi sebuah intropeksi dan pelajaran yang berharga, untuk memperbaiki kualitas hubungan yang lebih baik dengan saling merubah sikap/perilaku yang tidak disukai pasangan, demi mempertahankan hubungan Anda dan pasangan.
  • Tinggalkan dirinya. Jika Anda masih dalam tahap pacaran, melihat setelah apa yang telah Anda tanyakan selalu dibantahnya, sebaiknya tinggalkan untuk sementara waktu. Ini akan membuatnya untuk berpikir sekaligus membuatnya mengerti bahwa tanpa dia, anda masih bisa terus hidup. Jika Anda merasa disakiti dengan ia berselingkuh, ini adalah saat tepat untuk Anda menilai dia, masih pantaskah dipertahankan untuk kelak menjadi pasangan hidup Anda?
  • Kembalikan semua pemberiannya. Jika pasangan (kekasih) pernah memberikan sesuatu, maka kembalikan semuanya sekarang. Hal ini perlu dilakukan untuk menunjukkan ke dia bahwa anda bukan seseorang yang bisa dibeli lalu disakiti. Meskipun tidak selalu diucapkan, fakta menunjukkan bahwa kemerdekaan dan kebebasan seseorang bisa dikekang oleh si pemberi. Lepaskan semua yang hal yang dapat menjadi pengekang, agar pasangan dapat mulai belajar bagaimana seharusnya memperlakukan anda.
  • Abaikan dia. Untuk sementara waktu, abaikan keberadaannya (kekasih Anda). Siapapun orangnya, tidak akan pernah sanggup menerima perlakukan seperti ini. Inilah cara terbaik untuk membalas atas apa yang telah dia lakukan. Tidak perlu menghindarinya, cukup diam dan tidak perlu mengindahkan keberadaannya.
  • Bicarakan kembali kejelasan hubungan dengannya. Setelah emosi dan kemarahan mereda, anda bisa kembali mengajaknya berbicara dan mendiskusikan langkah apa yang sebaiknya dilakukan. Pastikan bahwa Anda berdua berbicara dengan hati dan pikiran yang tenang. Jika Anda adalah sepasang kekasih, maka putus hubungan tidak ada salahnya, karena Tuhan menunjukkan bahwa dia bukanlah jodoh terbaik Anda salah satunya dengan cara ini. Namun, jika ia benar-benar mencintai Anda, pasti dia akan kembali kepada Anda.
Namun, jika Anda adalah sepasang suami isteri, sebaiknya dibicarakan kembali dengan pikiran dan hati yang tenang, jernih serta mengendalikan ego masing-masing. Memperbaiki dan mempertahankan hubungan adalah jalan terbaik dari ujian rumah tangga, intropeksi dan mau merubah diri ke arah yang lebih baik untuk pasangan adalah jalan terbaik, khususnya bagi pasangan suami isteri yang sudah dikaruniai anak. Jadikan sebagai perlajaran berharga dan tentunya jangan sampai tergoda dan mengulangi kesalahan kedua kalinya. Baik dari pihak dia, maupun Anda yang berencara ikut-ikutan untuk membalasnya. Sebaiknya saling menjaga dan menghargai perasaan pasangan.

Jika dengan perselingkuhan ini pasangan Anda menunjukkan hal yang sebaliknya, dia tidak berubah atau malah terus-terusan menyakiti Anda, maka itu menjadi petunjuk bahwa pasangan tidak sungguh-sungguh mencintai anda. Jika keadaannya seperti ini, kenapa harus dipertahankan? Tinggalkan dia, karena masih ada orang yang bisa lebih mencintai dan menyayangi anda dengan tulus. Paling tidak, Anda tidak akan merasa tersakiti.

Perselingkuhan hindari saja karena menimbulkan :

  • Perasaan Malu. Semua orang pasti merasa marah ketika tahu dikhianati. Namun kenapa rasa malu bisa muncul? Rasa malu muncul sebagai akibat perasaan terhina dan direndahkan, seolah-olah perselingkuhan terjadi karena kesalahan korban sendiri. Padahal seharusnya yang merasa malu adalah orang yang berselingkuh, bukan? Namun beberapa orang mulai mawas diri dan melihat apakah ada yang salah dengan diri mereka ketika pasangan mereka berselingkuh. Secara tak sadar, kemungkinan mereka akan mencari-cari kesalahan dalam diri mereka sendiri untuk menjelaskan mengapa pasangan berselingkuh. Hal inilah yang kemudian memunculkan rasa malu.
  • Kekosongan dan Trauma. Merasa sedih adalah respon alami ketika mengetahui pasangan berselingkuh. Namun tak sedikit orang yang merasakan kosong, tak memiliki emosi apapun. Seseorang mungkin terkaget-kaget ketika mengetahui bahwa saat melihat ke dalam diri mereka, mereka tak menemukan emosi apapun, kekosongan. Kekosongan adalah salah satu mekanisme psikologis yang digunakan manusia ketika mereka mengalami shock atau trauma. Dalam beberapa hal kekosongan ini melindungi otak dan pikiran.
  • Respon Sikap posesif. Ketika tahu pasangan berselingkuh Anda tentu ingin mendepaknya jauh-jauh dari kehidupan Anda dan tak ingin melihat wajahnya lagi, bukan? Itu adalah respon yang wajar. Namun dalam beberapa kasus, perasaan posesif juga bisa muncul. Perasaan ini membuat Anda merasa ingin memiliki pasangan dan menjauhkannya dari pasangan selingkuhnya. Hal ini disebabkan oleh perasaan kepemilikan, bahwa pasangan Anda adalah milik Anda dan tak boleh dimiliki oleh orang lain.
  • Rasa kesal dan marah. Memang ada emosi yang sangat kuat seperti sedih atau kemarahan. Namun terkadang muncul juga emosi yang cukup luas seperti rasa kesal. Sebagai pasangan mungkin Anda hanya ingin mengatakan "Bagaimana dia bisa sebodoh itu!" Rasa kesal muncul sebagai bentuk kekecewaan pada pasangan Anda. Anda mengetahui bahwa segala hal yang dilakukan oleh pasangan akan sangat mempengaruhi Anda, dan ini membuat Anda kesal.
  • Lega setelah misteri terkuak. Anda mungkin merasa aneh. Bagaimana mungkin seseorang merasa lega setelah mengetahui pasangan berselingkuh? Kebanyakan orang sudah curiga mengenai adanya affair selama beberapa waktu sebelum mereka mengetahuinya. Selama itu, mereka menebak-nebak dan tak bisa tenang memikirkannya. Setelah perselingkuhan itu terbuka, perasaan lega bisa jadi muncul sebagai jawaban atas kecurigaan yang selama ini dirasakan. Setelah mengetahuinya, Anda dan pasangan bisa mulai melakukan sesuatu terhadap masalah tersebut.
Mengetahui perselingkuhan memang tidak menyenangkan bagi semua orang. Perselingkuhan bisa jadi sangat menyakitkan. Namun tentu mengetahuinya dengan jelas lebih baik daripada Anda dibohongi oleh pasangan seumur hidup. Yang terpenting adalah selalu membentengi diri agar tak terbawa emosi ketika mengetahui fakta yang menyakitkan itu.

Pasangan Kita Selingkuh di Dunia Maya ?

Jangan hanya karena pasangan tidak melakukan kontak fisik atau tidak  mendapat pesan misterius dari orang lain, bukan berarti dia tidak bisa berselingkuh. Perselingkuhan bisa saja terjadi di dunia maya dan Anda mungkin tidak menyadarinya. Berikut ini ada beberapa cara dari beribu cara yang dapat dilakukan untuk memergoki si dia berselingkuh di dunia maya atau tidak, dilansir dari Livestrong.

Periksa internet history-nya. Periksa internet history di komputer pasangan Anda, terutama jika itu adalah laptop pribadinya. Carilah website yang telah dikunjungi pasangan Anda, yang terlihat seperti situs kencan online, pornografi atau situs chat. Jika internet history di komputernya kosong, itu bisa jadi bukan pertanda baik, karena mungkin saja si dia telah menghapus jejaknya, agar tidak ketahuan oleh Anda.

Instal pelacak internet history. Instal pelacak internet history seperti IE History Tracker, K9 atau Surf Logger untuk melacak aktivitas pasangan Anda di dunia maya. Anda juga dapat mengatur situs yang akan diblokir.

Minta password. Mintalah password kepada pasangan Anda untuk mengakses akun tertentu di komputernya. Jika ia tampak marah atau mencoba mengalihkan perhatian Anda, dia mungkin sedang menyembunyikan sesuatu dari Anda. Juga, jika dia akhirnya mengubah password akunnya yang pernah Anda akses, Anda perlu mencurigainya.

Perhatikan cara dia saat menggunakan komputer. Apakah dia merasa was-was setiap kali Anda menyentuh komputer atau laptopnya? Atau, dia tampak gugup saat Anda mendekatinya ketika dia sedang menggunakan komputer.

Pada jaman yang sudah maju seperti sekarang ini, perselingkuhan bisa terjadi di manapun, termasuk di dunia maya. Kecanggihan teknologi membuat siapapun bisa menembus batas dan ruang waktu.  
Jadi tetaplah saling menghormati dan menjaga kehangatan hubungan dan komunikasi dengan pasangan sebaik-baiknya.