Selasa, 10 November 2015

Introvert

:: Cuplikan dari grup fb Indigo Indonesia ::
Sudah beberapa kali berinbox dengan para sahabat Indigo yg merasa dirinya bersifat tertutup, saya temani dengan sabar bingit sampai akhirnya mereka bertekad setuju untuk meninggalkan dan menanggalkan baju introvertnya .. Selamat berjuang sahabat, perjalanan menuju sukses selalu dimulai dengan langkah pertama yang terkadang berat dan menakutkan ..

Sifat tertutup sering lebih merugikan. Setidaknya ketertutupan ini membuat orang lain susah menerka kemauan Sahabat Indigo. Bisa-bisa mereka menilai Sahabat Indigo tidak jujur. Introvert (tertutup) Adalah sebuah sifat dan karakter yang cenderung pendiam, gak banyak bicara dan lebih suka menyendiri, memang tipe kepribadian yg lebih berorientasi pd diri sendiri. biasanya mereka yg berkepribadian ini adalah orang pemalu, egois, minder atau individualis. Memang gampang2 susah susah kalo berteman dengan para introvet.

Ciri-ciri Introvert. Banyak orang mengartikan orang-orang introvert sebagai pemalu, padahal orang-orang introvert memang lebih nyaman berada dalam kesendirian. Sebaliknya, orang-orang yang cenderung pemalu takut untuk berada bersama orang lain, bukan karena dia tidak mau. Lantas, seperti apakah ciri-ciri Orang introvert itu?

Dia lebih nyaman berteman dengan sedikit orang dibandingkan dengan banyak orang. Tak heran, kamu akan selalu menemukannya berada bersama orang yang itu-itu saja. Meski bagi publik ia terkesan pendiam, ia bisa berubah menjadi orang yang paling cerewet ketika berada bersama teman-temannya. Dia tidak banyak bicara dan baru akan bicara ketika dia sudah memikirkan terlebih dulu apa yang akan ia katakan. Perkataannya pun tidak panjang lebar. Dia akan berbicara seperlunya dan apa adanya.

Dia senang menghabiskan waktu sendirian dan mengikuti kegiatan yang tidak melibatkan banyak orang, misalnya membaca, menulis, melukis atau sekedar jalan-jalan seorang diri. Biasanya mungkin terkesan cuek dan tidak peduli pada situasi sekitar. Ketika kita menyapanya, biasa jadi dia hanya tersenyum atau berkata “Hai” tanpa berkata lebih lanjut. Oleh sebab itu, jangan mudah sakit hati jika suatu saat kita bertemu dengannya dan dia bersikap seolah-olah dia tidak mengenal sahabat Indigo.

Dia akan menjauhi kerumunan orang banyak dan memilih untuk sendiri karena dia merasa lebih nyaman berada seorang diri . dan hanya mau berteman dengan orang yang budi bahasanya halus. Mereka akan langsung tidak suka pada orang yang berkata kasar walau kata-kata itu bukan ditujukan untuk dirinya. Dia juga suka memendam masalahnya sendiri, dia jarang berbagi masalahnya atau menceritakan kehidupannya ke orang lain, dia juga mempunyai self-blaming yang gede (suka menyalahi diri sendiri), yang akhirnya timbul depresi, dan mudah emosi dan kadang mau terbuka dengan orang yang sudah benar2 dia percaya.

Biasanya banyak mikir dan memiliki pemikiran yang jauh, maka itu orang introvert lebih sedikit berbicara, karena dia selalu memikirkan apa yang akan dia katakan, misalnya apa itu pantas dibicarakan, apa perlu untuk dibicarakan, apa kira-kira jawaban yang akan diberikan orang lain, dsb. Dari situ keliatan juga orang intovert cenderung perfeksionis. Biasanya bijaksana dan bisa memecahkan problem orang lain asal orang itu mau minta nasihatnya, makanya cocok jadi tempat curhat, tapi kalau nggak ya tipe introvert itu termasuk orang yang “mahal bicaranya”. Jadi kalau ada orang yang diajak bicara sama tipe tersebut berarti dia beruntung.

Dia nggak suka kalau ngomong basa basi dengan orang lain, kalau ngobrol tidak tahu harus memulai dengan topik apa. Tapi kalau sama sahabat atau teman yg udah akrab, dia bisa lepas berbicara sama mereka. Lebih suka menyendiri, biasanya lebih suka berdiam diri di kamar. kalo lg nunggu atau lg di kramaian lebih suka dgerin musik, main hp, baca buku dan asyik sndiri dan kurang perduli dg orang2 dan ingkungan di sekitarnya.

Cara Menaklukkan Orang Introvert
Meskipun tidak mudah, bukan berarti tidak mungkin untuk menaklukkan orang introvert. Kita hanya harus membutuhkan lebih banyak kerja keras dan kesabaran untuk bisa membuatnya nyaman berada bersama kita. Orang introvert itu terlihat “dingin” atau “sangaaaaaaatttttttttt dingin” tapi asal kita mencoba menembus pertahananya itu maka lumer deh esnya. Emang sih orang tipe ini keliatan cuek dilihat dari luar, tapi coba masuk ke dalam maka orang introvert nggak sedingin yang keliatan dari luar.

Nah Ini Ada beberapa tips menghadapi Orang Introvert :

Berbicara dengan Orang Introvert. Sebelum memulai menggunakannya, kita harus tahu terlebih dahulu bagaimana berbicara dengan Orang introvert. Simak beberapa tips berikut ini: Ketika dia bicara, dengarkan dia dan jangan potong omongannya sebab jika kamu memotong kalimatnya, kemungkinan besar dia akan sulit untuk mulai bicara kembali. Sering-seringlah mengambil inisiatif untuk memulai percakapan. Orang introvert tidak akan bicara bila kita tidak memulainya lebih dulu. Ulangi apa yang dia bicarakan. Tanyakan apakah kita tidak gagal paham dan sudah cukup akurat sebab terkadang apa yang ia bicarakan bisa berarti berbeda dari yang kita pikirkan. 

Buatlah diri kita nyaman dalam keheningan. Sering kali Dia berada dalam keheningan, dalam arti ia tidak banyak bicara meski ia sedang bersama orang lain. Terkadang Orang introvert membutuhkan waktu lama untuk bisa mengungkapkan pendapat atau pikirannya. Bukan berarti ia “lambat” dalam berpikir, tetapi ia selalu mengungkapkan apa yang ia pikirkan dengan caranya sendiri. Jangan memburunya dan tunggulah sampai dia menyelesaikan omongannya.

Temani Dia. Sebagaimana diketahui, salah satu tipe orang introvert biasanya tidak nyaman berada bersama orang banyak. Karena itu juga, kita tidak akan menemukannya dalam gerombolan orang2 yang biasa nongkrong di pusat-pusat perbelanjaan atau pusat keramaian. Alih-alih mengajaknya ke pesta, nonton, ke tempat romantis atau cobalah menawarinya untuk ikut ke tempat yang dia mau. Jika dia lebih nyaman berada di perpustakaan, misalnya, luangkan waktu beberapa jam untuk menemaninya di sana. Kita harus bisa menawarkan kepercayaan dan kenyamanan sehingga ia pun akan merasa nyaman ketika bersama kita.

Kenali Dia Lebih Dalam. Untuk memulai percakapan dengannya, tentu sebelumnya kita harus tahu topik-topik apa yang dia sukai atau hal-hal apa sajakah yang menarik baginya. Usahakan untuk mencari tahu hal-hal tersebut jika kita tidak terlalu memahaminya. Ketika membicarakan hal yang dia sukai, dengan lancar dan senang hati dia akan mulai bercerita panjang lebar. "Pendiam bukan berarti pemalu, Penyendiri bukan berarti tidak mengerti akan kehidupan sosial, Tidak berbicara bukan berarti bisu, Melamun bukan berarti kalah pada keadaan, itulah Introvert", introvert itu wajar asal masih dalam batas tertentu.

Nah dari penjelasan di atas, apakah Sahabat Indigo termasuk Introvert atau sebaliknya Ekstrovert (terbuka) yg lebih banyak keterbukaan. Supel gampang bergaul, sering berada di keramaian, suka berbagi cerita dengan banyak orang di dumay dan dunia nyata. Anehnya ada sahabat Indigo yang introvert merasa dirinya sebagai orang Indigo yg belum sempurna ! Merasa menjadi calon orang Indigo masa depan ..