Senin, 31 Agustus 2020

OTAK BAWAH SADAR (Bagian 5)

 


Rahasia Alam Bawah Sadar

Alam bawah sadar layaknya berlian yang masih tertimbun dalam lumpur. Selain tidak terlihat, banyak orang terlampau menganggap lumpur sebagai sesuatu yang sangat kotor dan menjijikkan. Tentu banyak di antara mereka yang bisa dibilang tidak mengerti atau tidak menyadari bahwa di balik kotornya lumpur terdapat sesuatu yang begitu berharga dan menggiurkan.

Begitu pula dengan alam bawah sadar yang tidak semua orang tahu tentang rahasia ini. Beruntunglah bagi Kita yang menyadari dan terus berbagi tentang rahasia yang sangat menakjubkan ini, RHS tersebut nanti akan kita telisik satu  demi satu, antara lain :

1. Bahwa ABS (Alam Bawah Sadar) mengendalikan semua proses vital tubuh manusia dan mengetahui jawaban segala persoalan Kita.

2. Bahwa ABS tidak pernah tidur, Ia selalu bekerja mengatur semua organ vital di tubuh Kita.

3. Sebaiknya yakinlah sepenuhnya kepada PBS (Pikiran Bawah Sadar) bahwa ia dapat menjawab semua pertanyaan atas permasalahan.

4. Sejatinya masa depan tersimpan dalam ABS, jadi yakinlah bahwa ABS menuntun Kita. Percaya dan miliki harapan, maka yang terbaik akan datang.

5. Sebaiknya yakinlah pada ABS dalam berkarya atau bekerja.

6. Ternyata kita bisa mengubah diri  dengan memberikan rancangan baru yang Kita kehendaki kepada ABS.

7. Kelak apa yang Kita yakini dalam ABS akan terwujud dalam pikiran sadar dan menjadi kenyataan.

8. Percayalah bahwa ABS tak pernah membangkang. Ia menerima apa yang diperintahkan: misalnya menjadi sehat, sukses, kaya, bahagia, dan semua yang positif .. keren kan ?

9. Ternyata ABS adalah penjaga gerbang  dunia diri kita. Fungsi utamanya menjauhkan Kita dari pikiran dan tindakan negatif.

10. Terbukti bahwa semua penyakit dan masalah berasal dari pikiran. Pikiran sehat membuat tubuh Kita yg sehat alias tidak galau !

11. Kalau kita sakit  ada alternatif proses penyembuhan, yaitu dengan keyakinan yang dibimbing ABS. Ingat, kekuatan penyembuh ada dalam ABS.

12. Menurut saya ABS ibarat ladang untuk bibit. Tanamkan bibit baik di dalam ABS, pelihara dengan harapan baik, maka ia akan tumbuh subur.

13. Kita adalah nakhoda bagi jiwa, tubuh, dan nasib. Kita mampu mengubah nasib jika percaya ABS dapat melakukannya untuk Kita.

14. Gambarkan atau bayangkan hasil akhir yang Kita inginkan, maka akan diwujudkan secara nyata oleh ABS..

15. Buatlah rencana tanpa menggantungkan metode yang biasa. Semua persoalan selalu tersedia jawaban dan pemecahannya.

16. Ternyata Imajinasi adalah kekuatan Kita yang paling hebat.

17. ABS akan membuat imajinasi Kita menjadi kenyataan.

18. Sukses berarti kehidupan yang berhasil. Jika pikiran tenang, hati bahagia, dan melakukan hanya yang disukai, berarti Kita boleh dikata sudah meraih sukses.

Menurut cerita, konon Sigmund Freud (1856-1939), seorang psikiater Austria dan pendiri aliran psychoanalysis dalam psikologi, yang mengenalkan teorinya tentang alam bawah sadar yang mengendalikan sebagian besar perilaku manusia. Dia memberikan pernyataan bahwa perilaku manusia didasari oleh hasrat seksualitas yang dirasakan oleh manusia semenjak kecil. Pengalaman seksual dari ibu, seperti menyusui, mengalami perkembangan hingga memunculkan berbagai perilaku lain yang disesuaikan dengan aturan norma masyarakat atau norma ayah.

Namun Alfred Adler yg kolega kerjanya mengungkapkan adanya insting mati di dalam diri manusia. Walaupun Freud pada awalnya menolak pernyataan Adler tersebut dengan menyangkal habis-habisan, namun pada akhirnya Freud menyejajarkan atau tidak menanggalkan insting seksual saja yang ada dalam diri manusia. Tetapi, disandingkan dengan insting mati (Thanatos).

Freud tertarik dan belajar hipnotis di Prancis, lalu digunakan untuk membantu penderita penyakit mental. Freud kemudian meninggalkan hipnotis setelah is berhasil menggunakan metode baru untuk menyembuhkan penderita tekanan psikologis, yaitu asosiasi bebas dan analisis mimpi. Embrio metode tersebut berasal dari konsep alam bawah sadar. Asosiasi bebas adalah metode yang digunakan untuk mengungkap masalah2 yang ditekan oleh diri seseorang, namun terus mendorong keluar secara tidak disadari hingga menimbulkan permasalahan.

Sedangkan analisis mimpi yang digunakan Freud berangkat dari pemahaman bahwa mimpi merupakan pesan alam bawah sadar yang abstrak terhadap alam sadar. Pesan2 ini berisi keinginan, ketakutan, dan berbagai macam aktivitas emosi lain, hingga aktivitas -emosi yang sama sekali tidak disadari. Sehingga, metode analisis mimpi dapat digunakan untuk mengungkap pesan bawah sadar atau permasalahan terpendam, baik berupa hasrat, ketakutan, kekhawatiran, maupun kemarahan yang tidak disadari karena ditekan oleh seseorang. Ketika masalah2 alam bawah sadar ini telah berhasil diungkap, solusi selanjutnya akan lebih mudah diatasi.

Hal tersebut dilakukan untuk mengembangkan apa yang saat ini dikenal sebagai "obat dengan berbicara". Hal ini menjadi unsur inti psikoanalisis. Freud terutama tertarik pada kondisi yang dulu disebut histeria dan sekarang disebut sindrom konversi. Teoriteori Freud dan caranya mengobati pasien menimbulkan kontroversi di Wina pada abad XIX, dan masih diperdebatkan hingga sekarang.

Anda pernah mendengar tentang istilah NLP (Neuro Linguistic Programming) ? NLP merupakan pengetahuan yang relatif baru mengenai manusia yang diperkenalkan pertama kali oleh Richard Bandler dan John Grinder pada tahun 1970-an.

NLP bermula dari minat untuk melakukan duplikasi terhadap "kehebatan" yang dimiliki oleh beberapa manusia yang diharapkan dapat diajarkan kepada manusia lain melalui suatu metodologi yang relatif bisa dipertanggung jawabkan.

Pada awalnya, studi NLP bermula ketika Richard Bandler, seorang mahasiswa Matematika di University of California, bersama dengan John Grinder, seorang Associate Professor di bidang linguistik di universitas yang sama, melakukan pengamatan dengan saksama terhadap tiga orang yang memiliki kemampuan luar biasa dalam melakukan perubahan terhadap orang lain.

Mereka adalah: Fritz Perls, seorang pakar Gestalt Therapy, Virginia Satir, seorang konsultan permasalahan rumah tangga, dan Milton H. Erickson, seorang Hypnotherapy's. Penelitian terhadap ke tiga orang tersebut menghasilkan formula awal NLP, yaitu metodologi untuk me-”model" keistimewaan orang lain (human excellence).

Pada saat sekarang NLP, semakin disempurnakan, bahkan telah menjadi pengetahuan yang sangat dikenal di seluruh dunia. Oleh karena itu, definisi NLP sudah semakin meluas. Berikut beberapa definisi yang sering dikemukakan mengenai NLP:

"The science of how the brain codes learning and experience. The study of the structure of subjective experience. An attitude and a methodology that leaves behind a trail of techniques. A revolutionary approach to human communication and development. An accelerated learning strategy for the detection and utilization of patterns in the world for describing restructuring, and transforming a persons meaning and cognitive understanding of the world they live in.."

Dari definisi di atas dapat dipahami bahwa NLP adalah suatu metodologi untuk memahami manusia dan menerapkannya. Seorang kita menceritakan tentang pengalaman yang berkaitan dengan alam bawah sadar.

Ada cerita kuno yg terkait, begini ceritanya : Berawal dari kekaguman terhadap seorang perempuan saat pandangan pertama berjumpa dan berkenalan. Dari perjumpaan tersebut, tumbuh benih2 kekaguman dalam hatinya, trus cinta pun bermekaran. Namun, alam sadarnya mengatakan, apalah arti dia di hadapan perempuan yang dikaguminya.

Sehingga, alam sadar berusaha menepis perasaan cinta di hatinya.

Sebulan kemudian, benteng pertahanan yang ia bangun melalui alam sadarnya menjadi rapuh, karena ia diserang bertubi-tubi oleh rasa yang memadati ruang kalbunya. Akhirnya, atas saran teman karibnya ia mainkan gitar di kesunyian malam dengan menyatukan pikiran dan konsentrasi pada perempuan itu. la mencoba memasuki alam bawah sadar yg telah merekam perjumpaan pertamanya dengan perempuan tadi.

Singkat cerita, setelah ritual semadi dijalankan, keesokan harinya perempuan itu mencarinya dan mereka bertemu di kedai kopi. Perempuan tersebut langsung menuduh dg berkata "Kamu kan yang membuatku tidak tidur semalaman? Tiba-tiba wajahmu terlihat jelas dan berkata-kata padaku."

Lelaki itu secara spontan terkejut dan tersenyum, kemudian mengungkapkan rasa yang selama ini memenjarakan dirinya dan bercerita tentang perjalanan cintanya.

Dalam berbagai kesempatan, mungkin Kita juga sering mendengar bahwa manusia hanya menggunakan 10% dari seluruh kekuatan yang dimiliki, sedangkan 90% lainnya tertidur di alam bawah sadar. Lalu muncul pertanyaan, bagaimana Kita memanfaatkan 90% lagi kekuatan Kita yang berada di alam bawah sadar?

Kadang-kadang kekuatan itu muncul karena dipicu oleh daya yang super kuat dari luar. Sering kali kekuaran itu menstimulasi organ2 tubuh Kita menjadi perkasa. Dalam banvak kasus, pemicu tersebut berasal dari dorongan primitif, yaitu insting untuk mempertahankan hidup.

Misalnya ada kisah tentang seorang nenek tiba2 saja mampu mengangkat TV tinggi2 dan menyelamatkannya dari kobaran api dalam bencana kebakaran, atau seorang bocah tiba2 mampu melewati pagar setinggi 2 meter ketika dikejar oleh segerombolan anjing galak. Kejadian

merupakan dari pengaktifan kekuatan bawah sadar yang dirangsang oleh insting primitif, insting untuk mempertahankan hidup.

Secara fisik, sering kali hal tersebut mampu memancing bangkitnya kekuatan dari alam bawah sadar Kita. Insting ini segera mengaktifkan tomboltombol dalam sistem pertahanan diri ketika merasa terancam. Lalu dengan segera mengumpulkan energi dan menjadikan diri Kita kuat.

Sebenarnya, Kita dapat mengaktifkan tombol2 itu secara sadar melalui tahapan pembelajaran. Kita dapat memindahkan informasi2 yang ada ke alam bawah sadar dan dijalankan di sana, sehingga energi alam sadar masih bisa dimanfaatkan untuk hal lain.

OK, nanti kita telisik bagaimana melakukan hal2 lain yg hebat, misalnya :

1. Transformasi Data Base ke dalam Alam Bawah Sadar di mana kita dapat  melakukan pemindahan data ke dalam alam bawah sadar melalui empat tahapan proses.

2. Pengendalian Naluri, naluri adalah bagian penting dari pandangan mechanistic terkait  teori naluri (insting). Insting merupakan suatu kekuatan biologis bawaan yang mempengaruhi organisme untuk berlaku dengan cara tertentu dalam keadaan yang tepat.

3. Memprogram Pikiran Bawah Sadar. Banyak orang tidak menyadari bahwa di dalam PBS tersimpan berbagai macam emosi negatif maupun positif yang secara tidak disadari yg memengaruhi cara Kita berpikir, berkata-kata, bersikap, dan bertindak. jika emosi tersebut positif, tentu tidak menjadi persoalan beda dengan emosi negatif !

4. Hipnotis, yg mampu mengatur aktivitas otak manusia menuju frekuensi alfa, tanpa tertidur..

5.Meditasi: Pintu ke PBS

Semoga pengenalan rahasia ABS ini bermanfaat.💟

Baca juga :

Otak Bawah Sadar (Bagian 6)

Otak Bawah Sadar (Bagian 4)