Rabu, 04 Mei 2016

Trik/Kiat Begadang Biar Tetap OK

Begadang adalah kata kerja yang berarti berjaga tidak tidur sampai larut malam bahkan subuh. Mungkin Anda pernah mengalami kondisi buruk setelah begadang kaena harus segera beraktivitas kembali di pagi hari, padahal belum sempat memejamkan mata untuk tidur akibat menyelesaikan pekerjaan dll. semalam suntuk.


OK, tidak perlu cemas setelah begadang karena para ahli kesehatan sudah menemukan tips untuk menjalani hari berikutnya tanpa mengurangi semangat dan produktivitas kerja Anda. "Ini skenario yang banyak kita jumpai," kata Dr Mark Boulos, seorang ahli saraf dari Sunnybrook Health Science Centre, Toronto, dikutip dari laman Pop Sugar. Boulus tahu bagaimana melewati satu hari, tapi bukan dua hari atau lebih dengan produktif  tanpa tidur. Dia menyarankan hal-hal seperti di bawah ini.

1. Hindari keputusan besar. Orang yang belum tidur pasti lebih cepat lelah daripada yang sudah tidur delapan jam sebelumnya. Bila di tempat kerja ada keputusan penting yang harus diambil, menuntut ketelitian, dan eksekusi yang sangat baik, sebaiknya ditunda.

2. Makan yang benar. Bila Anda kira minuman berenergi semacam Red Bull bisa menjaga produktivitas meski tak tidur, mitor itu salah. Dr Mark Boulos menyarankan untuk menghindari memakan makanan yang banyak tambahan gula. Pilihlah makanan lebih berat, makanan yang digoreng, dan mengambil minuman sumber energi seperti jus apel atau jus jeruk dengan gula alami.

3. Minum kopi dengan bijaksana. Para ahli tak pernah merekomendasikan kopi di pagi hari untuk Anda yang belum tidur. Dua cangkir kopi bisa membantu produktivitas seharian, tapi kalau terlalu banyak Anda malah mendapatkan rasa gelisah yang berlebihan.

4. Dapatkan cahaya alami. Anda pasti merasa ngantuk di pagi hari atau lelah karena belum tidur semalaman. Carilah ruang terbuka untuk menikmati cahaya matahari selama beberapa menit. Sinar alami bisa merangsang otak untuk membuat mata Anda tetap terbuka dan sadar kalau hari sudah terang.

5. Banyak bergerak atau olahraga ringan. Cobalah untuk menjadwalkan latihan seperti yoga atau jogging. Kalau Anda harus segera bekerja, setidaknya berjalan cepat bisa jadi solusi untuk menangkal kantuk. Olahraga memang meningkatkan produktivitas, energi, suasana hati, fungsi kognitif dan kewaspadaan.

6. Tidur siang singkat. Para ahli terpecah ketika membahas pentingnya tidur siang. Semua tergantung pola tidur pribadi masing-masing dan seberapa baik tubuh Anda usai istirahat sejenak di siang hari. Tidur siang singkat 20-30 menit terbukti merupakan metode yang paling diandalkan untuk tetap waspada dan berenergi. 

7. Hindari tidur siang dan kopi. Cara terakhir ini ditempuh agar Anda bisa tidur malam hari lebih awal. Menghindari kafein dan melewatkan tidur siang bisa membuat Anda bangun keesokan harinya dengan jauh lebih segar.

Selamat begadang !!